• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Penampakan Raja Melayu Hingga Buaya Putih di Sungai Siak

    Sungai Siak di Riau (Dok.liputan6.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Sungai Siak, merupakan sungai terdalam di Indonesia, yang ini menjadi nadi bagi masyarakat Kota Pekanbaru serta Kabupaten Siak Provinsi Riau.

    Menurut cerita sejarah, pada zaman kerajaan Melayu, kapal-kapal pedagang dari Malaysia dan Singapura hilir mudik untuk mengangkut dagangan.

    BACA JUGA:

    Candi Muara Takus, Peninggalan Tertua Bernuansa Buddha di Riau

    Penagi, Kampung Tua di Natuna yang Pernah Dibom Pesawat Jepang

    Mistisnya Jembatan KM 8 Atas Tanjungpinang, Ada Nenek Berubah Jadi Cantik

    Raja-raja Kerajaan Siak Sri Indrapura juga, menjadikan sungai ini untuk memperluas kekuasaan hingga sampai ke Selat Malaka.

    Ternyata, sungai Siak juga menyimpan cerita mistis, yang mampu membuat bulu kuduk berdiri.
    Konon, ada cerita penampakan sepasang buaya putih, yang pernah dikabarkan muncul ke permukaan.

    Banyak warga yang percaya bahwa hewan misterius itu adalah perwujudan dari makhluk halus yang mendiami Sungai Siak, dan akan muncul ke permukaan untuk memberitahukan warga sekitar jika ada sesuatu yang akan terjadi.

    Raja Melayu

    Konon, sosok raja masih mendiami sebuah rumah di pinggir Sungai Siak, tepatnya di bawah jembatan Siak III. Rumah ini sampai sekarang masih terawat karena dijadikan cagar budaya oleh pemerintah setempat.

    Rumah Tuan Kadi namanya. Dibangun sebelum tahun 1895, bangunan berarsitektur Melayu itu menjadi tempat singgah raja-raja Kerajaan Siak sebelum meneruskan perjalanan.

    Penuturan warga sekitar, tidak ada yang berani mendiami rumah itu, bahkan penjaga yang diberikan kepercayaan untuk membuka jendela di sana setiap harinya.

    Sosok raja ini disebut pernah menampakkan diri kepada pekerja pemugaran rumah itu berpenampilan layaknya raja Melayu.

    Pekerja pembersih rumah dan bertugas membuka jendela rumah tersebut setiap paginya, bersaksi, ada sesosok makhluk tak kasat mata yang mengintip dari jendelanya. Sosok tinggi dan besar, warga di sini percaya itu raja yang pernah singgah di sana.

    Konon, dahulu sempat ada orang yang memberanikan diri tinggal di rumah tua tersebut. Namun, ternyata tak berlangsung lama. Menurutnya, kejadian aneh sering terjadi, bahkan penghuninya sering berpindah tempat secara tak sadar, hampir setiap malam.