• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Inilah 12 Makanan Terenak di Indonesia, Kamu Suka yang Mana ?

    Pempek Palembang (Melayupedia.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Indonesia memang kaya akan berbagai jenis kuliner, mulai dari kue basah, kering, gorengan, bakso, lauk-pauk dan lainnya.

    Dari beragam jenis makanan di Indonesia, ada 12 makanan terenak yang pastinya pernah kamu cicipi. Mana nih yang kamu suka.. ?

    1.    Bakso

    Daftar pertama dari makanan terenak di Indonesia, adalah bakso. Kuliner ini sangat familiar dan mudah, ditemukan di seluruh tempat yang ada di Indonesia.

    Harganya yang murah berkisar Rp. 5.000, serta memiliki rasa yang lezat, tidak salah apabila bakso masuk dalam daftar makanan paling enak.

    BACA JUGA:

    2 Kue Tradisional Khas Kepri ini Lezat Banget

    Mau Makan Olahan Seafood Terenak? Yuk Mampir ke 3 Restoran di Batam

    Sup Ikan Batam, Aroma Khas Tenggiri Dipadu Belimbing Wuluh

    2. Rendang 

    Berasal dari Padang, kuliner yang sering direkomendasikan jasa tour guide Indonesia ini bahkan menjadi makanan paling dicari di dunia karena rasanya yang lezat.

    Tidak mudah menemukan makanan rendang di belahan dunia manapun. Jika pun ada rasanya tidak akan sama dengan rendang asli Indonesia.
     
    3. Olahan Mie
     

    Indonesia juga memiliki kuliner aneka olahan mie yang terkenal. Ada mie goreng, mie ayam, mie Aceh dan berbagai olahan mie dari daerah lain yang tidak kalah enak dan terkenal.

    Untuk dapat menikmati makanan terenak di  Indonesia ini tidak sulit karena mudah menemukannya di berbagai tempat mulai Rp. 5. 000 saja.
     
    4. Soto

    Kuliner soto di Indonesia juga beragam dari berbagai daerah. Tiap daerah bahkan ada yang mempunyai soto khas daerahnya masing-masing. Contohnya soto Kudus, yang dagingnya adalah daging kerbau.

    Yang paling dikenal adalah soto Lamongan dan juga Coto Makassar yang terkenal enak dan lezat. Harga soto biasanya mulai  Rp. 10.000-an.
     
    5. Rawon

    Makanan berkuah hitam dari keluwak ini banyak sekali penggemarnya. Yang paling terkenal adalah Rawon setan yang ada di Surabaya dan Rawon Nguling yang ada di Probolinggo, Jawa Timur. Harganya berkisar Rp. 15.000-an.
     
    6. Rujak Cingur

    Makanan terenak di Indonesia selanjutnya adalah rujak cingur. Jika Kamu sedang berkunjung ke Surabaya akan mudah sekali menemukannya. Mirip dengan rujak lontong.

    Hanya saja terdapat tambahan cingur sehingga rasanya semakin nikmat. Harganya juga murah mulai Rp. 5.000. Kamu sudah pernah mencicipinya?
     
    7. Bebek Betutu

    Jika kamu sedang berkunjung ke Mataram, jangan lupa untuk merekomendasikan bebek betutu  pada jasa pemandu wisata dalam rangkaian traveling kuliner.

    Makanan khas dari Mataram ini terkenal kelezatannya hingga ke mancanegara karena lezat dengan bumbu rempah dan ayamnya yang dikukus hingga berjam-jam.
     
    8. Sate

    Sate menjadi bagian tour guide kuliner di Indonesia yang  sayang untuk dilewatkan. Sangat mudah untuk mendapatkan makanan ini dengan harga yang murah.

    Bahkan di pinggir jalan, banyak terdapat warung yang menjajakan makanan khas Indonesia ini. Kamu bisa memilih sate daging atau sate ayam. Ada juga sate Padang yang pedas, atau sate Madura dengan rasa yang manis.
     
    9. Gudeg

    Gudeg selalu dikaitkan dengan Yogyakarta, utamanya daerah sekitar Malioboro karena dari daerah inilah, makanan ini berasal dan hanya di daerah ini dapat mendapatkan gudeg yang khas.

    Gudeg identik dengan nangka muda yang direbus lama dengan aneka bumbu dan bercita rasa manis. Harganya mulai dari Rp. 10.000.
     
    10. Gado-Gado

    Gado-gado adalah makanan dengan bahan lontong dan dicampur dengan aneka sayur dan disiram dengan bumbu kacang.

    Coba saja tanyakan pada tour guide, mengenai kelezatan salad van java satu ini. Cukup dengan Rp 10. 000 sudah bisa mendapatkan kuliner vegetarian enak ini di berbagai daerah Indonesia.
     
    11. Pempek Palembang

    Masuk dalam daftar kuliner paling enak di Indonesia selanjutnya, Pempek adalah makanan khas Palembang dengan cita rasa gurih, nikmat dan segar.

    Terbuat dari tepung kanji dan ikan gabus, kuliner ini bahkan telah dikenal di dunia, lho. untuk menikmatinya jangan lupa menambahkan kuah cuko yang segar.
     
    12. Nasi Goreng

    Banyak wisatawan luar negeri yang terkesan dengan kelezatan makanan terenak di Indonesia yang satu ini baik setelah direkomendasikan atau mencari sendiri.

    Nasi goreng menjadi makanan khas Indonesia yang sulit ditemukan di luar negeri dengan cita rasa yang sama. Harga pun murah karena mulai Rp. 7.000 saja.