• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Menikmati Indahnya Pemandian Biru dari Atas Geopark Tanjung Datuk

    Tanjung Datuk di Natuna Kepri (IST)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Kalau kamu ingin melihat matahari terbit dan terbenam, Tanjung Datuk ini adalah tempat yang populer. Lokasinya berada di Tanjung, Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri).

    Sudah sejak beberapa tahun terakhir, Natuna telah ditetapkan oleh Komite Nasional Geopark Indonesia dan Unesco Global Geopark (UGG) Network sebagai Geopark Nasional.

    BACA JUGA:

    Kafe Berkonsep Hutan Kecil Ternyata Ada di Batam Lho..

    Madun Castle, Destinasi Wisata Berbau Mistis di Desa Pengundang

    Danau Biru di Bintan, Warna Airnya Buat Adem Pikiran

    Ini karena Natuna menyimpan kumpulan Geosit Bebatuan, yang ternyata berusia sudah ratusan dan bahkan jutaan tahun. Salah satunya, Geopark Tanjung Datuk ini.

    Bebatuan yang sudah terbentuk berwarna hitam dan keras, tapi ada sebagian yang masih berupa pasir dan berwarna antara kekuningan hingga cokelat.

    Bebatuan Tanjung Datuk ini merepresentasikan batuan sedimen berlapis, yang terbentuk dalam lingkungan darat atau sebagai endapan sungai purba.

    Batuannya berjenis batupasir, konglomerat dan batu lanau yang secara geologi termasuk dalam Formasi Pengadah berumur Oligo-Miosen.

    Pembentukan batuan ini penting untuk menjadi bahan edukasi, karena berhubungan dengan proses pembentukan cekungan Natuna bagian barat dan timur yang kaya akan potensi minyak dan gas bumi.

    Komplek Tanjung Datuk, yang juga merupakan bagian dari pangkalan radar militer, dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi maupun wisata khususnya menikmati keindahan alam saat matahari terbit dan tenggelam.

    Jika kamu menjejak di bebatuan yang belum sepenuhnya terbentuk, akan terasa strukturnya yang masih rapuh. Meskipun perlu kewaspadaan, namun pola yang terbentuk dari batu-batu ini sangat cantik dipandang.

    Nah, dari kontur bebatuan yang ada, sudah pasti kamu bisa membayangkan betapa indahnya tempat ini saat disinari mentari pagi atau senja.

    Dengan air laut yang sangat jernih, kamu dapat melepas penat dengan bermain air dan melihat ikan berwarna-warni di dalamnya. Makanya, harus berhati-hati jika ke sini dan ingin mendaki ke atas bukit bebatuan yang ada, ya!