• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Abon Tongkol dan Pizza Khas Kepri, Mana yang Enak ?

    Abon (Shutterstock)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Abon, yang biasanya jadi teman nasi, ternyata tak melulu diolah dari bahan utama daging lho. Dan juga pizza juga ternyata tak melulu berbahan dasar gandum.

    Olahan ini merupakan hasil kreativitas warga di Kepulauan Riau (Kepri), yang membuat abon berbahan daging tongkol, dan pizza berbahan gandum. Yuk intip dua kuliner lezat ini..

    Abon Tongkol Asap
    Jika biasanya abon dimasak berbahan dasar daging sapi, namun berbeda di Kepri. Abon dibuat dengan teknik unik, yakni menggunakan bahan dasar ikan tongkol yang dimasak dengan cara di asap. I
    kan tongkol yang diasapi, harus ditunggu hingga matang, agar rasanya menjadi lebih gurih serta tahan lam.

    BACA JUGA:

    Uji Nyalimu Menyantap Makanan Berbahan Teripang dan Minum Kolagennya

    Bukan Restoran Padang, Ada Roti Nikmat di Kedai Kopi Pagi Sore di Batam 

    Cicipi Kopi Susu dan Roti Goreng Srikaya di Kedai Botan Karimun

    Ikan asap tersebut kemudian diolah dengan dipotong menjadi beberapa bagian, hingga proses pembuatan abon selesai. Lalu, abon yang sudah jadi kemudian di kemas, dan bisa  di bawa pulang sebagai oleh-oleh.

    Lempeng Sagu

    Di Kepri, ada banyak sekali makanan khas yang berasal dari olahan sagu, mengingat beberapa wilayahnya memang terkenal sebagai penghasil sagu.

    Makanan ini juga dikenal sebagai menu khas dari Batam. Lempeng sagu juga sering disebut sebagai pizza khas Melayu. Makanan ini memang dibentuk berupa lempengan bulat sehingga mirip pizza.

    Namun, bahan utamanya tidak seperti pizza modern pada umumnya, melainkan menggunakan sagu dan kelapa yang dibentuk mirip potongan pizza dengan ukuran tebal.

    Lempeng sagu sangat nikmat jika disantap bersama saus pedas khusus khas Kepri. Makanan ini juga bisa dijadikan oleh-oleh, apalagi jika kamu membelinya dari pedagang asli di wilayah tersebut.