• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Pantai Cakang, Titik 0 Kilometer Pulau Galang

    Pantai Cakang di Pulau Galang Kepri (Dok.  batam.tribunnews.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Batam menyimpan berbagai destinasi wisata terbaik, karena keindahan alamnya.

    Saking lengkapnya, wisatawan Indonesia tak perlu bingung memilih tempat wisata di Batam. Salah satunya adalah Pantai Cakang.

    Mungkin nama ini belum terlalu familiar bagi warga Batam. Pantai berada di ujung Pulau Galang ini, membutuhkan perjalanan sekitar dua jam dari Batam Centre.

    Pantai Cakang berada di ujung jalan bila mengikuti jalan lurus dari jembatan 6 Barelang, dan tidak ada daratan lagi kecuali menyeberang ke pulau. Karena posisi ujung inilah, makanya pantai ini di sebut 'Nol Kilometernya Pulau Galang'.

    Di pos penjagaan depan pantai, ada orang yang menjaga pintu masuk. Untuk masuk ke pantai ini, dipungut biaya hanya Rp 5.000 per orang nya.

    Pengunjung sudah bisa masuk dan menikmati keindahan di pantai ini hingga matahari terbenam.

    Pertama kali di pintu masuk kita akan menemukan jembatan kecil. Di atasnya bertuliskan wisata Cakang yang dibangun, dengan kayu-kayu bambu. Memang, pantai ini tidak terlalu lebar, tetapi memanjang. 

    Sebelum sampai di pantai kita lebih dulu disungguhkan indahnya pemandangan taman bunga dan pepohonan rindang. Masih ada kesan asri dan sejuk di sini. Enak untuk berteduh.

    Apalagi tersedia tempat duduk hingga ayunan di bawah pohon kayu. Di sebelah kanan tangga turun, kita akan menemukan pelantaran kayu. Lengkap dikelilingi pohon-pohon bakau sebagai penghias.