• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Gendang Ronggeng Induk dan Anak, Iringi Tarian Melayu Kepri

    Gendang Ronggeng, alat permainan musik pengiring tarian Melayu Kepri (Dok. gapuranews.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Gendang,  merupakan alat musik, yang hampir selalu memiliki ciri khas di setiap daerahdi Indonesia.

    Tak terkecuali di Kepulauan Riau (Kepri),  yang juga memiliki alat musik Gendang Ronggeng.

    Gendang Ronggeng ini berbentuk bulan, dan berukuran seperti rebana besar. Badannya terbuat dari kayu kelapa berdiameter 40 cm.

    Alat musik tradisional ini ditutupi kulit kambing atau kulit anak lembu di satu sisi saja, sementara sisi yang lain sengaja terbuka.

    Kulit itu diikatkan kepada dinding kayu, dengan rotan halus yang kecil. Untuk menegangkan kulitnya jika akan dimainkan, maka satu rotan panjang yang bulat kecil ditekankan masuk dari arah lobang dalam. Rotan ini sendiri disebut Sedak.

    Biasanya untuk mengiringi tarian hiburan Melayu, digunakan setidaknya 2 buah Gendang Ronggeng ini.

    Yakni gendang induk yang berukuran agak besar, serta gendang yang agak kecil yang disebut gendang anak.

    Gendang yang pertama memberikan beat yang tetap, sedangkan yang belakangan memberikan pukulan-pukulan variasi menyelingi gendang induk.

    Makanya, diperlukan kelincahan jari jemari untuk memainkan Gendang Ronggeng ini.

    Di antara alat musik Melayu golongan membranophone, maka gendang ronggeng inilah yang paling populer. Uniknya, terdapat perbedaan fakta asal Gendanf Ronggeng ini.

    Ada yanv pendapat bahwa alat musik ini berasal dari Timur Tengah, tetapi ada juga pendapat yang ia dibawa oleh orang Portugis.