• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Uji Nyalimu Menyantap Makanan Berbahan Teripang dan Minum Kolagennya

    Hewan laut Teripang (Dok. Merdeka.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM – Kamu sudah belum mencoba makanan berbahan dasar teripang ? Atau minum kolagennya ?

    Kalau kamu punya nyali, kamu kudu ke edu-ecotourism di Kabupaten Bintan Kepulauan Riau (Kepri), yang bermana Kampong Teripang.

    Letaknya di Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang. Destinasi wisata yang menawarkan wisata rekreasi dan edukasi, berbasis sumber daya bahari yakni teripang. Atau masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Gamat.

    Pengembangan edu-ecotourism berbasis teripang ini, merupakan yang pertama di dunia. Karena populasinya yang belum banyak dibudidayakan oleh sebagian nelayan.

    Bukan sekadar biota laut yang bisa kamu lihat ketika asyik snorkling saja, nyatanya hewan ini bisa dimakan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

    Oke. Cukup di situ dulu perkenalannya. Kini, Melayupedia.com ingin memperkenalkan kuliner yang khas di wisata ini yakni teripang. Biasanya, protein kolagen berasal dari sapi atau babi. Tapi tahukah kamu, kalau protein kolagen yang paling tinggi adalah teripang.

    Makanya, di Kampong Teripang ini punya banyak produk dari teripang dan protein ikan, yang dibuat sendiri. Misalnya kolagen, serum wajah dan biscuit.

    Bahkan ada olahan khusus dari teripang dan minuman dari protein kolagennya teripang. Kebayang tidak, gimana serunya tantangan kulineran di sini.

    Uniknya, jika kamu berkesempatan menginap di Melamun, maka kamu dapat merasakan pengalaman mencari teripang di tengah malam, saat air surut yang sering disebut bekarang.

    Cottage di atas laut ini juga, menyediakan penginapan yang nyaman dan tenang. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan disini selain Bekarang di malam hari, mulai dari memancing, berenang, bermain kano, snorkeling bahkan diving.

    Serunya lagi, kamu juga bisa spa di tengah laut. Harga bermalam disini pun cukup terjangkau, yakni mulai Rp 350 ribu hingga Rp 1 juta saja per malam.