• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Di Bintan, Ada Gurun Pasir Seluas 6.000 Hektare Bernuansa Timur Tengah

    Wisata gurun pasir di Bintan Kepri (Dok. Liputan6.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Ingin merasakan sensasi berwisata ke padang pasir layaknya di Timur Tengah? Maka kamu tidak boleh melewatkan destinasi wisata Tanjung Pinang, yang satu ini, yaitu Gurun Pasir Busung.

    Wilayah yang merupakan bekas penambangan bauksit ini, telah berubah menjadi wisata gurun pasir yang cantik, dan pastinya sangat instagrammable.

    Destinasi wisata yang satu ini sangat hits bagi dunia pariwisata, karena keunikan yang dimilikinya. Tempat ini dulunya adalah sebuah kawasan penambangan pasir bauksit, tetapi telah lama dihentikan sejak masa pemerintahan Presiden Soeharto.

    Setelah terbengkalai bertahun-tahun akhirnya wilayah ini disulap menjadi tempat wisata oleh warga setempat.
     
    Gurun pasir ini berlokasi di Jalan Raya Busung, Desa Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan Kepri. Kira-kira 55 km dari Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah. 

    Tidak ada biaya masuk ke tempat ini, alias gratis. Kamu cukup membayar uang parkir kendaraan seharga Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

    Gurun Pasir Luas

    Gurun Pasir di Bintan Kepri (Dok. picsart)

    Saat menginjakkan kaki pertama kali di sini, kamu akan takjub melihat hamparan gurun pasir putih yang luas. Kamu bisa menjelajahi tempat ini ke segala lini, sembari berswafoto dengan latar belakang nan eksotis.

    Berbeda dengan gurun pasir biasanya, pasir di gurun ini sudah mengeras, sehingga kamu tidak akan kesulitan saat berjalan. Makanya, pastikan kamu membawa topi, kacamata, dan memakai tabir surya karena kondisi yang terik saat siang hari.

    Selain bentangan gurun pasir, kamu bisa mendapati telaga air yang berwarna biru di tengah gurun. Telaga ini terbentuk karena cekungan-cekungan bekas tambang dulu, yang terisi oleh air hujan.

    Ada sebuah jembatan di atas telaga, untuk melihat jelas lanskap gurun dan telaga biru. Kombinasi keduanya menghasilkan pemandangan yang begitu cantik.

    Jangan lupa menyewa perahu kano dan perahu bebek, untuk merasakan sensasi sesungguhnya dengan hanya merogoh kocek Rp 15.000 hingga Rp 20.000 saja.

    Dan saat ini juga sudah ada miniatur unta uang tentunya menambah eksotisme gurun pasir yang luas ini.

    Saking indah dan uniknya tempat ini, banyak wisatawan dari luar Pulau Bintan hingga luar negeri berkunjung ke sini. Jadi, sempatkan waktumu singgah ke Gurun Pasir Busung saat datang ke Bintan ya..