• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Masjid Baiturrahman, Setiap Ornamen Bermakna Wujud Islam

    Masjid Baiturrahman di Karimun Kepri (Dok. wisatago)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Masjid Baiturrahman yang berdiri begitu megahnya ini, berada di Kelurahan Teluk Air Kecamatan Karimun. Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua di Bumi Berazam, dan berdiri di atas bukit teluk air.

    Jika diperhatikan satu per satu, setiap bangunan dan ornamen yang ada dalam masjid ini, mencerminkan perwujudan Islam lho!

    Pada lantai satu Masjid Baiturrahman, terdapat lima pintu yang melambangkan pelaksanaan shalat lima waktu. Sementara di lantai dua memiliki 7 pintu.

    Terdapat 7 tangga, 2 di sisi utara, 2 di sisi selatan, 2 di sisi timur yang merupakan tangga utama di masjid.

    Sedangkan satunya lagi berada di bagian utara, untuk mengakses imam masjid. Jumlah 17 anak tangga ini, bermakna jumlah rakaat dalam shalat sehari semalam.

    Yang unik dari Masjid Baiturrahman ini adalah, ukurannya yakni 17,5 meter X 17,5 Meter. Ini bermakna shalat 17 rakaat dalam lima waktu sehari semalam. Tinggi bangunan  13 meter sesuai dengan 13 rukun shalat wajib.

    Kubah mesjid berdiameter 8 meter dan tinggi 4 meter ini melambangkan, mesjid dapat dilihat dan dimasuki dari 8 penjuru mata angin serta pengikut 4 mazhab besar Islam, dapat melaksanakan salat di masjid ini.

    Ornamen kubah luar berbentuk gelombang air, di atasnya terdapat kaligrafi berlafadz Allah SWT dalam bentuk bulan.

    Kubah ini sendiri terbuat dari tembaga. Bentuk gelombang air melambangkan mesjid tersebut tidak henti-hentinya bertasbih dan mengagungkan nama Allah, seperti halnya ombak di lautan.

    Perpaduan warna krem, kuning dan putih dapat diartikan bahwa permulaan manusia diciptakan dari tanah (cokelat). Selanjutnya menuju dan mencapat Kemuliaan kemuning) dan terakhir menuju kebahagiaan (putih).

    Menara setinggi 33 meter diartikan sebagai buah tasbih. Kemudian karpet sejadah berwarna merah menunjukan bahwa, mesjid ini selalu mengagungkan tamu Allah SWT di dalam masjid.

    Kaligrafi Asmaul Husnah serta hiasan gantungan dari kaca berwarna warni. Dipadukan lafaz 13 nama wajib bagi Allah SWT, yang menambahkan kemegahan dalam kubahnya.

    Akses untuk menuju ke Masjid Baiturrahman sangat mudah, karena masjid Baiturrahman terletak di pusat Kota Tanjungbalai Karimun Kepri.
    Aksesnya dapat ditempuh dengan menggunakan motor atau pun mobil, dalam waktu kurang lebih 5 menit dari pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun.