• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Tabel Mando, Pizza ala Nusantara yang Jadi Makanan Khas Natuna

    Tabel Mandi, pizza ala warga Natuna Kepri (Dok. Instagram @herlianasidabutar)

    Batam, Melayupedia.com – Kudapan pizza yang berasal dari Italia, sudah menjamur di Indonesia. Namun sebelum restoran raksasa itu hadir di Indonesia, ada pizza ala nusantara, yang tak kalah lezatnya dengan rempah-rempah khas Indonesia.

    Ya, namanya Tabel Mando. Pizza ala Kabupaten Kepulauan Natuna Kepulauan Riau (Kepri), yang menjadi santapan warga lokal dengan rasa yang tak kalah memanjakan lidah.

    Bentul Tabel Mando atau sering disebut Tipeng Mando sendiri, bulat pipih. Dibuat dari sagu bulir dan aneka seafood, membuat makanan ini bisa mengenyangkan dan menjadi pilihan menu makan siang.

    BACA JUGA :

    Mi Lendir Khas Kepri, Namanya Aneh Namun Rasanya Mantap Poll..

    Lendot, Kuliner Melayu yang Bikin Rindu Suasana Ramadan

    Gurindam 12 Pasal 2, Memaknai Akibat dari Meninggalkan Kewajiban Umat Islam

    Aneka seafood bisa dikombinasikan sebagai bahan Tabel Mando. Mulai dari ikan tongkol, tuna, kepiting atau gurita. Tabel Mando juga tak pas rasanya jika tak dicampur dengan kelapa muda parut dan pumpu khas.

    Semua bahan yang telah dicampur, dimasak di atas loyang pipih yang sudah diolesi minyak, dan dipanggang hingga matang.

    Makanan bergizi ini sudah ada sejak dulu. Bahkan Tabel Mando juga bisa menjadi kudapan khusus, di saat cuaca dingin atau bahan makanan terbatas.

    Seperti pada musim Utara, yang anginnya kencang. Masyarakat akan kesulitan sembako yang didatangkan dari luar Natuna, karena gelombang tinggi.

    Untuk bisa tetap bertahan dengan sumber yang ada, akhirnya masyarakat membuat makanan pokok pengganti. Antara lain Tabel Arok dan Tabel Mando.