• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Rijstaffel ala Hindia Belanda Ada di Bintan Lagoon Resort

    Rijsttafel di Bintan Lagoo Resort Kepri (Dok.  bintan-resort.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Rijsttafel adalah jamuan ala Hindia Belanda, yang muncul pada zaman kolonial.

    Jamuan gaya rijsttafel ini sengaja diciptakan oleh para penjajah, untuk menjamu tamu-tamu, sekaligus memperkenalkan kekayaan budaya negeri jajahan mereka.

    Rijsttafel juga biasa muncul, saat pesta atau perayaan. Biasanya terdiri dari berbagai hidanganz yang disajikan dalam porsi kecil.

    Konsep penyajiannya mengusung ciri khas kuliner. Yang mana nasi dan berbagai macam lauk, disajikan secara bersamaan di atas meja.

    Karena itu pula ia disebut rijsttafel atau rice table.

    Cara penyajian seperti ini memang berbeda dengan budaya barat. Karena hidangan disajikan secara berurutan, mulai dari makanan pembuka, menu utama, sampai hidangan pencuci mulut.

    Pada perayaan-perayaan besar di zaman kolonial, rijsttafel disajikan oleh barisan pelayan pribumi berseragam sarung atau beskap.

    Di Indonesia sendiri, penyajian makanan gaya rijsttafel sudah hampir terlupakan.

    Sejak zaman kemerdekaan, menemukan rumah tangga yang menyediakan makanan dengan gaya rijsttafel tergolong sulit, kecuali saat kenduri atau selamatan.

    Itu pun yang dihidangkan hanya makanan-makanan tradisional dan variasinya tidak sebanyak rijsttafel.

    Nah, jika ingin merasakan wisata kuliner dengan mencoba gaya rijstaffel ini, kamu bisa berkunjung ke Bintan Lagoon Resort, Bintan Kepulauan Riau (Kepri).

    Lokasi ini merupakan resort terpadu terbesar di Bintan. Di sini, ada nelayan restoran  yang hingga kini masih mengusung konsep lawas tersebut.

    Jika Rijsttafel untuk 2 orang, maka berbagai hindangan pun dibawakan dengan digendong menggunakan baki besar yang dibawa oleh 2 orang pelayan restoran.

    Di dalam baki ada rendang, perkedel, ayam bakar, seafood curry, omelet, berbagai kuliner lainnya yang tentunya bercitarasa lezat.