• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Kerapu Steam vs Rama Rama Selat Panjang, Mana Pilihanmu ?

    Rama-rama khas Batam Kepri (IST)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Sudah pernah mencicipi kuliner Kerapu Steam khas Batam Kepulauan Riau (Kepri)? Berbahan baku ikan kerapu sebagaimana namanya, kuliner yang sayu ini diolah dengan cara disteam.

    Daging ikan pilihan yang masih segar diolah, dengan campuran bumbu rempah seperti bawang putih, jahe serta bumbu lainnya.

    BACA JUGA:

    Cicipi Kuliner di Calypso Floating Bar, Siapin Duit Lebih Ya.

    Segarnya Es Mak Inang Sayang Khas Kepri di Siang Hari

    Di Lingga ada Kepurun, di Anambas Ada Kebuyat

    Lalu, ditambah siraman saus sebagai penambah rasa. Rasanya sudah pasti dijamin enak dan lezat.

    Sudah dapat ditebak dari namanya, bahwa bahan baku makanan ini adalah ikan kerapu. Cara pembuatan kuliner yang satu ini, memang dengan disteam atau seperti dikukus.

    Ikan kerapu yang segar akan dicampur, dengan menggunakan bumbu rempah-rempah seperti jahe, bawang putih, dan lainnya. 

    Lembutnya ikan kerapu yang dibaluri segarnya bumbu rempah, membuat kita serasa tak ingin mengakhiri santapan sedap tersebut.

    Rama Rama Lada Hitam

    Jika Kerapu Steam berbahan utama ikan Kerapu, lain hanya dengan Rama rama, yakni sejenis lobster lumpur (Thalassina anomala/mud lobster). Masyarakat Selatpanjang menyebutnya sebagai rama-rama/Ma Cau Hey atau lobster bakau.

    Wujudnya seperti lobster tetapi ukuran lebih kecil. Selain dagingnya yang lembut, rasanya seperti daging kepiting ataupun daging lobster, yang tentunya kaya akan gizi. Kandungan protein yang terkandung juga tinggi.

    Prosedur penyajian biasa dimasak seperti memasak kepiting lada hitam, lengkap dengan saus tomat, cabe, nanas dan kacang yang digiling dengan jumlah minyak yang banyak.

    Citarasanya yang unik dengan rasa manis dan pedas dari Rama rama ini, sungguh mampu memanjakan lidah setiap yang mencicipinya!