• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Melimpah Ruah Budidaya Kepiting di Desa Sawang Laut

    Budidaya kepiting di Pantai Tuah Kepri (Melayupedia.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Tuah Ketam Desa Sawang Laut,  berhasil membudidayakan kepiting dengan hasil panen perdana mencapai puluhan kilogram.

    Budidaya kepiting di Pantai Tuah, Desa Sawang Laut, Kecamatan Kundur Barat, bekerja sama dengan PT Timah Tbk sejak tahun 2020 lalu.

    Baru-baru ini, PT Timah Tbk memberikan bantuan bibit kepiting sebanyak 1000 ekor melalui CSRnya.

    Kerjasama itu juga memberikan pelatihan dan pembinaan, bagi anggota kelompok untuk membudidayakan kepiting.

    Ketua Pokdakan Tuah Ketam, Supiyanto menuturkan, dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Timah Tbk, pihaknya dapat berhasil memanen kepiting-kepiting yang siap dijual.

    “Panen kepiting ini merupakan program yang dijalankan oleh Pokdakan Tuah Ketam dengan support dari PT Timah Tbk. Mulai dari bibit, serta pelatihan pada beberapa waktu yang lalu. Sehingga saat ini kita bisa menuai hasilnya,” katanya, Selasa (7/9/2021).

    Menurutnya, panen kepiting ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan pertumbuhan kepiting.

    Kepiting yang dipanen ini dijual ke masyarakat, sebagaimana diketahui peminat kepiting ini cukup banyak. Sehingga, nantinya diharapkan bisa menjadi peluang sumber ekonomi baru. 

    “Panen ini tentunya memberikan hasil tambahan untuk nelayan dan anggota kelompok. Selain dari menjaring atau melaut, dimana saat ini pandemi covid 19 yang melumpuhkan segala lini perekonomian,” ucapnya.

    Mereka berharap, ke depannya PT Timah Tbk tetap berkolaborasi dengan kelompok mereka, sehingga nantinya budidaya kepiting ini bisa terus berlanjut.

    Selain itu, direncanakan kedepannya pihkanya tidak hanya membudidayakan saja, melainkan juga akan melakukan pembibitan.