• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Yuk Intip Itinerary ke Pulau Piugus, Maldives-nya Indonesia

    Pulau Piugus di Kepri (Dok..Kumparan.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Jika ingin liburan tanpa diganggu banyak orang, mungkin Pulau Piugus di Anambas bisa menjadi salah satu pilihan utama. 

    Berada di kawasan Pal Matak, kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Pulau Piugus merupakan pulau yang masih bersih, sepi, alami, dan banyak dihiasi hijaunya pepohonan.

    Pulau Piugus memiliki pantai dengan pasir putih dan perairan dangkal berwarna tosca.

    Saat menyelami keindahan bawah laut, wisatawan akan dapat menikmati bongkahan batu karang, serta aneka ikan hias berwarna-warni yang memanjakan mata.

    Ombaknya yang cenderung stabil juga sangat cocok bagi para pemula.

    Untuk menuju ke Maldives-nya Indonesia ini, wisatawan harus menempuh perjalanan lewat udara, darat, dan laut sekaligus, lho!

    Dari Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang, perjalanan selama satu jam menggunakan pesawat kecil, Express Air hingga Bandara Matak, yang terdapat di Matak, Kepulauan Anambas.

    Dari bandar Matak, wisatawan harus menyewa transportasi darat milik penduduk lokal menuju pelabuhan Matak.

    Waktu yang diperlukan dari Bandara ke pelabuhan menggunakan jalur darat sekitar 20-30 menit.

    Sesampainya di Pelabuhan Matak, perjalanan kembali dilanjutkan dengan menggunakan boat yang bisa digunakan, menuju Pulau Piugus dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit saja.

    Meskipun harus melewati perjalanan panjang, tetapi rasa lelah akan langsung terobati melihat eloknya pemandangan Pulau Piugus.

    Selain itu, pulau ini merupakan kawasan yang cocok untuk melakukan snorkeling dan diving.

    Airnya yang masih bersih jernih, membuat para pengunjung bisa dengan jelas melihat biota laut, mulai dari terumbu karang, ikan-ikan lucu dengan warna-warna menggemaskan, hingga kuda laut.

    Serasa di Pulau Sendiri

    Bak pulau pribadi, Piugus tidak memiliki penduduk dan hanya digunakan sebagai objek wisata.

    Pulau ini hanya akan ramai, jika banyak wisatawan yang berkunjung dan menginap di resort yang terdapat di pulau tersebut.

    Semua pengelola resort biasanya akan pulang ke rumah masih-masing pada malam hari, jika mereka telah selesai melayani para tamu. 

    Sehingga hanya pengunjung resort saja yang tinggal di Pulau Piugus.

    Sayangnya karena belum tersedianya aliran listrik, setiap resort di pulau ini akan memutuskan aliran listrik mulai dari jam 10.00 WIN pagi hingga 17.30 WIB.

    Pasalnya pihak pengelola penginapan, masih menggunakan tenaga genset untuk mendistribusikan energi listrik.