• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Gurihnya Kerupuk Atom Khas Letung Jadi Cemilan dan Lawan Makan Nasi

    Salah satu kerupuk atom khas Letung, Anambas (Foto:ist)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Kabupaten Kepulauan Anambas di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki kuliner khas yang lezat. Sebut saja Mie Tarempa dan Luti Gendang.

    Namun, selain kedua makanan itu, juga akan makanan yang patut jadi lirikan. Yakni, kerupuk atom dari Letung.

    Kerupuk atom yang gurih ini biasanya mengangkat citarasa ikan tongkol dan tenggiri. Wajar saja, karena memang Anambas kaya akan hasil laut.

    Kerupuk atom khas Letung diproduksi di Letung dengan bahan tepung, ikan tongkol dan ikan tenggiri ditambah dengan rempah dan bumbu penyedap yang membuat rasa enak dan gurih.

    Teksturnya yang renyah dan gurih menjadikan kerupuk ini digandrungi berbagai kalangan. Kerupuk atom sering dijadikan pelengkap kue lebaran, natal dan tahun baru, juga sering dibeli warga sebagai oleh-oleh.

    BACA JUGA:

    Gurihnya Nyemil Luti Gendang Sambil Seruput Kopi Hangat

    Kecap Pagoda, Buah Tangan Tradisional Khas Kepri

    Kerupuk atom ini berbentuk lonjong dan bulat dengan bahan dasar ikan. Rasa gurih kerupuk ini begitu terasa ketika digigit.

    Tidak hanya terkenal di Kepri, kerupuk ini bahkan sudah mahsyur sampai ke negara tetangga, Singapura‎ dan Malaysia.

    Di Anambas, kerupuk ini selalu hidangkan sebagai kawan lauk makan. Kerupuk atom menjadi penganan khas yang paling banyak dikonsumsi masyarakat disana.

    Bahkan ada anggapan, tak lengkap kalau tidak ada kerupuk atom. Kerupuk atom berbahan baku ikan tongkol ini, banyak di produksi oleh masyarakat secara sederhana.

    Dengan bahan baku ikan tongkol yang mudah didapat dari nelayan, rasanya lezat dan gurih. Kerupuk atom Anambas adalah usaha rumahan yang diproduksi setiap hari oleh masyarakat di kota itu.

    Buat yang penasaran dengan rasanya, yuk ketika travelling ke Anambas jangan lupa jadikan kerupuk atom sebagai oleh-oleh ya!