• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Menikmati Pantai Sisi yang Indah Sambil Menyantap Bubur Pedas yang Legit

    Pantai Sisi di Pulau Natuna Kepri yang sangat indah (Dok. disparbud.natunakab.go.id)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Meski hampir di setiap pantai memiliki pasir putih mempesona, namun pantai yang satu ini punya kelebihan tersendiri.

    Betapa tidak, hamparan pasir putih yang dinamakan Pantai Sisi ini, memiliki panjang 7 km. Itu pun belum termasuk dengan daratan, yang juga amat sangat luas sepanjang bentangan pantai. Wow!

    BACA JUGA:

    Cantiknya Midai, Pulau dengan Keindahan Pantai Perawan

    Sejenak Melepas Lelah di Pantai Siambang Tanjungpinang

    Ada Sarang Lebah Madu di Pantai Indah di Pulau Natuna

    Pantai Sisi terletak di bagian utara Pulau Natuna Kepulauan Riau (Kepri), yang berbatasan langsung dengan Kamboja dan Vietnam.

    Sementara, di bagian selatannya berbatasan dengan Jambi dan Sumatera Selatan. Kemudian, di wilayah barat, bersebelahan dengan Malaysia dan Singapura.

    Dan terakhir, di area timur berdekatan sekaligus berbatasan langsung dengan Kalimantan Barat dan juga Malaysia Timur.

    Pantai ini juga terkenal dengan wisata baharinya, yang artinya pemandangan di bawah laut tidak kalah indah dengan yang terdapat di pantai.

    Lautnya memiliki gradasi warna yang unik dan cantik dan sering dimanfaatkan untuk surfing atau permainan laut lainnya.

    Meski demikian, penduduk setempat menilai pantai ini hanya digunakan sebagai pantai biasa untuk menikmati pemandangan, melepas penat, atau penghubung para nelayan yang akan melaut dan bekerja.

    Padahal, Pantai Sisi ini pernah dinobatkan sebagai salah satu pantai alami terbaik di dunia atau dapat disebut dengan ‘Best Undiscovered Beach’ versi Majalah Islands, yang terbit pada edisi September 2006.

     

    Kuliner Khas Pantai Sisi

    Keindahan Pantai Sisi di Natuna Kepri (Dok. tempatwisata.pro)

    Selain menikmati indahnya panorama alam di Pantai Sisi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi bubur lebe dengan rasa pedas.

    Nah, di Pantai Sisi ini ada kuliner khas yang bisa dinikmati sembari menyaksikan birunya laut, yakni Bubur Lebe atau Bubur Pedas. Makanan khas Melayu ini, tidak hanya lezat tapi juga bisa menjadi makanan penghangat tubuh.

    Di mana, bubur khas orang Melayu memiliki rasa dan aroma yang begitu khas. Bubur ini lumayan berbeda, dengan bubur yang biasa dijumpai di kota-kota lainnya.

    Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk, dengan sangat halus kemudian dioseng. Dicampur dengan sayur-sayuran seperti pakis, kangkung dan daun kesum. Dimasukkan secara bersamaan ketika bubur sedang dimasak.

    Nah, Bubur Lebe tersebut bisa dipesan di restoran atau tempat makan setempat, atau bisa juga ke kafe yang letaknya sangat dekat dengan lokasi pantai.