• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Dibangun Tahun 1961, Megahnya Masjid Nurul Iman Kijang Sekarang

    Masjid Nurul Iman Kijang (Foto: ist/kebudayaan.kemdikbud)

    BINTAN, MELAYUPEDIA.COM - Jika berkunjung ke Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), pastinya Anda sudah tahu apa-apa saja yang terkenal di kabupaten ini. Salah satunya ya pasti pariwisata Lagoi.

    Namun, jika ke Bintan, Anda tak melulu harus berkunjung ke pantai atau resort-resort. Ada kalanya Anda juga harus berwisata religi ke beberapa masjid yang indah dan memiliki nilai sejarah.

    Salah satunya adalah Masjid Nurul Iman Kijang. Masjid ini didirikan pada tahun 1961 oleh PT Aneka Tambang (Antam).

    Awalnya, lahan yang dipergunakan untuk membangun masjid tersebut merupakan tanah milik Shin Hak yang merupakan etnis Tionghoa di Kijang. Saat itu lahan tersebut merupakan rumah miliknya yang sekaligus dijadikan tempat usaha keluarganya.

    Tidak hanya Shin Hak yang tinggal di sekitar lahan tersebut, tetapi tidak jauh dari lokasi itu juga ada perumahan yang dijadikan kompleks romusa.

    BACA JUGA:

    Yuk.. Selamatkan Monyet Kekah dari Kepunahan

    Nikmatnya Sarapan dengan Roti Isi Sambal Lumat Khas Tanjungpinang

    Setelah kompleks tersebut sudah tidak lagi dipergunakan, sekitar tahun 1960 setelah ada pertukaran letak tanah oleh PT Antam dengan Shin Hak (yang diberikan lokasi di sekitar Barek Motor), PT Antam berencana untuk mendirikan sebuah masjid di lokasi tersebut dan baru pada tahun 1961 rencana pembangunan masjid itu terlaksana.

    Dalam situs Simas.kemenag.go.id disebutkan bahwa masjid yang beralamat di Jalan Kijang Kota Kecamatan Bintan Timur ini berdiri pada tahun 1980‐an yang kemudian direhab total.

    Masjid yang berdiri di atas tanah seluas 6710 m² dengan luas bangunan 900 m² berdampingan dengan taman Kota Kijang dan pusat perekonomian masyarakat, yakni Pasar Berdikari Kijang Kota.

    Adapun status tanah merupakan hibah PT Antam Kijang. Sejak awal berdirinya masjid ini didirikan oleh PT Antam Kijang.

    Sesuai dengan fungsi masjid untuk membina
    ummat, maka Kegiatan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) merupakan kegiatan yang terus digalakkan di masyarakat.

    Sejak 2017 masjid telah selesai direhab total dan kondisinya tampak indah megah.