• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Dinginnya Air Danau Kembang Menaun di Puncak Bukit Permata Lingga

    Seorang pendaki menikmati segarnya air Danau Kembang Menaun (Foto: dok.Melayupedia)

    LINGGA, MELAYUPEDIA.COM - Bukit Permata yang berada di Desa Panggak Darat, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah bagi para pendaki.

    Tapi, di puncak 1.001 Mdpl ini terdapat sungai dengan air yang dingin. Meski berbentuk aliran, tapi sungai ini disebut danau.

    Airnya begitu jernih bagaikan kaca. Masyarakat serta para pendaki menyebutnya dengan nama Danau Kembang Menaun.

    Asal kata Kembang Menaun diberikan oleh pemandu gunung tersebut.

    Menurut pemandu yang dituakan, Yasir menyebut, asal nama Kembang Menaun itu datang karena jika musim kemarau melanda, danau dengan air yang begitu dingin itu tidak pernah mengalami kekeringan.

    BACA JUGA:

    Berdiri di Atas Awan di Puncak Gunung Sepincan Kepri

    Jalur Ekstrem Menuju Puncak Batu Gajah di Lingga

    Menaun itu artinya bertahun-tahun.

    Masih terlihat asri, ruas jalan yang menantang, gemercik suara air sungai-sungai kecil yang mengalir, goa-goa batu yang berada dipinggir jalan, tebing yang tegap, kicauan burung serta suara kumbang terus mengiringi langkah para pendaki untuk sampai di puncak Bukit Permata ini.

    Setibanya diatas puncak hamparan luas Bukit Permata, danau yang dalam airnya setinggi dada memanjang berliku dari arah Selatan menuju Utara ini wajib untuk dikunjungi para pendaki.

    Terasa tidak lengkap jika danau nan dingin itu diabaikan begitu saja.

    Bahkan, jika berenang didalam danau tersebut, pengunjung tidak perlu khawatir akan adanya binatang buas didalam air tersebut. Jangankan ular, biawak serta hewan liar lainnya, bahkan ikan sekalipun tidak ada didalam danau itu.

    Sehingga, ketika air danau tidak disentuh, maka air akan selalu terlihat tenang berarus perlahan mengundang siapa yang melihatnya untuk menikmati dinginnya air tersebut.