• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Cen Sui Lan: Radar Cuaca Canggih S Band Segera Beroperasi di Natuna

    Cen Sui Lan melakukan peninjauan pada gedung Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang sedang dibangun di Puak, Ranai, Natuna, pada 16 Januari 2024. (Foto: istimewa)

    Natuna, Melayupedia - Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau, Cen Sui Lan, baru-baru ini melakukan peninjauan pada gedung Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang sedang dibangun di Puak, Ranai, Natuna, pada 16 Januari 2024. 

    Gedung yang dibangun dengan anggaran Rp15 Miliar ini diharapkan dapat mendukung pengumpulan data cuaca dan data penting lainnya.

    Dalam kunjungan tersebut, Cen Sui Lan mengamati berbagai aspek gedung yang telah dibangun sejak tahun 2022 dan direncanakan akan diresmikan pada April 2024. Salah satu fitur utama dari gedung ini adalah pemasangan radar cuaca S Band, yang merupakan teknologi canggih dengan jangkauan 400 km dan merupakan yang pertama di Indonesia.

    “Natuna akan menjadi lokasi radar cuaca canggih bernilai sekitar Rp 55 Miliar,” ujar Cen Sui Lan. Gedung yang akan menampung radar ini dibangun di lahan seluas 1 hektar.

    Cen Sui Lan menambahkan bahwa pengadaan radar cuaca S Band, yang telah diproses sejak tahun anggaran 2023, tidak hanya akan berfungsi dalam aspek meteorologi, tetapi juga mendukung sektor kemaritiman dan pertahanan. Ini menunjukkan integrasi teknologi canggih dalam berbagai aspek keamanan dan pelayanan publik.

    Selama lebih dari dua tahun, Cen Sui Lan terus mengawal proyek ini dan memastikan progresnya dilaporkan secara berkala, termasuk dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPR RI dengan Kepala BMKG, Prof. Dwikorita Karnawati. 

    “Setiap RDP, saya selalu menanyakan perkembangannya, dan alhamdulillah pada Agustus 2024 nanti, radar ini diharapkan sudah terpasang dan berfungsi,” ucap Cen Sui Lan, yang juga menjabat sebagai Penasehat IKAL Lemhannas Provinsi Kepulauan Riau.

    Pembangunan gedung BMKG di Natuna ini diharapkan akan membawa kemajuan signifikan dalam pengumpulan data cuaca di Indonesia, sekaligus meningkatkan kapabilitas nasional dalam pemantauan keamanan maritim dan pertahanan.