• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Harga Test PCR di Batam Turun, Segini Harganya!

    Ilustrasi

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Sejumlah rumah sakit dan klinik di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), telah menyesuaikan harga PCR test di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes)-nya.

    RS Awal Bros Batam misalnya langsung menurunkan harga PCR test dari Rp 888 ribu menjadi Rp 525 ribu.

    "Per hari ini, kami sudah memberlakukan tarif baru sesuai aturan Kemenkes RI," ujar Humas RS Awal Bros Batam, Cynthia, Selasa (17/8/2021).

    Begitu juga dengan Klinik Medilab Batam yang sudah menyesuaikan tarif layanan PCR test yang disediakannya seperti yang mereka janjikan sebelumnya.

    BACA JUGA:

    Waspada! Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Intai Kepri

    Pria 54 Tahun di Natuna Diciduk Polisi Bawa Sabu 3,17 Gram

    Semula, klinik ini memasang tarif Rp 850 ribu dan setelah dikeluarkannya SE Kemenkes RI, turun menjadi Rp 500 ribu.

    "Sejak tanggal 17 Agustus 2021 berlaku, tarifnya menjadi Rp 500 ribu," ujar Direktur Klinik Medilab Batam, dr. Mariaman Tjendera saat dikonfirmasi.

    Sebagaimana diketahui, penetapan batasan tarif tertinggi dari Kemenkes RI ini telah mempertimbangkan evaluasi komponen jasa pelayanan, komponen bahan habis pakai dan reagen, komponen biaya administrasi dan biaya lainnya.

    Tarif baru ini hanya berlaku bagi masyarakat yang melakukan pemeriksaan PCR test atas permintaan sendiri atau mandiri. Sementara itu, tracing dan testing kontak erat yang termasuk program pemerintah tidak dipungut biaya.