• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Memaknai Semangat Pendidikan Sembari Berwisata di Taman Tugu Pensil

    Taman Tugu Pensil di Tanjungpinang Kepri (Dok. Kumparan.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM – Ingin menikmati angina sepoi dengan irama deburan ombak, sembari berwisata sejarah, pilihan yang tepat saat berkunjung ke Taman Tugu Pensil.

    Tak hanya sekedar tugu saja. Taman Tugu Pensil yang berbentuk ujung pensil, menjadi simbol dari sejarah pendidikan yang penting di Kepri.

    BACA JUGA :

    Ada Sarang Lebah Madu di Pantai Indah di Pulau Natuna

    Padmasana Pura Agung Amerta Bhuana, Pura Tertinggi di Indonesia

    Lenggak-Lenggok Tarian Ayam Sudur Khas Natuna Nan Indah

    Peletakan batu pertama tugu ini dilakukan, pada tahun 1962 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud Prof. Prijono di saat itu.

    Tugu Pensil sebagai simbol dari pemberantasan buta huruf, sekaligus sebagai bentuk penghargaan.

    Karena Kepri sudah berhasil membebaskan daerahnya dari buta huruf, dengan program Pemberantasan Buta Huruf (PBH) pada tahun 1960-an. Tugu ini juga memiliki peran agar warga ikut andil dalam pemberantasan buta huruf.

    Karena terletak di tepian pantai, sangat mudah bagi yang mengundang banyak pengunjung untuk mengunjunginya.

    Taman yang berada di Jalan Haji Agus Salim, Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) ini, berada di tepi laut, sangat mudah diakses.

    Dengan daya tarik ini banyak dari pengunjung menikmati waktu berkumpul dan bersantainya, dengan menikmati suasana di pagi dan sore hari.

    Tugu Pensil sendiri merupakan arena dikelilingi oleh taman, menjadikanya tempat yang disukai dan banyak dikunjungi terutama di hari libur.

    Saat pagi hari taman akan dikunjungi banyak orang untuk melakukan olahraga dan menikmati matahari terbit.

    Sedangkan di sore hari, masih banyak orang yang menikmati voli pantai sembari menanti matahari tenggelam. Selain itu, juga terdapat tulisan ‘Tugu Pensil’ dengan prasasti Guridam 12 karya Raja Ali Haji.