• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Jangan Ketinggalan Sedapnya Siput Isap ala Kepulauan Riau

    Siput isap khas Tanjungpinang Kepri (Dok. masakandapurku.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM – Makan apa kamu siang ini ?? Tentunya makan menu yang mengenyangkan dan bisa menambah energi untuk kembali melanjutkan aktivitas lagi.

    Tapi, untuk bisa menggugah selera, jangan asal pilih menu. Tahu-tahu nanti, menunya tak sesuai dengan lidah kamu.

    BACA JUGA :

    Manisnya Belebat Kacang, Kue Melayu Berbalut Daun Pisang

    3 Menu Khas Lingga ini Wajib Ada di Meja Saat Makan Siang

    Mirip Papeda Papua, Gubal Lingga Nikmat Jadi Teman Gulai Ikan

    Tapi bagi kamu yang suka kuliner seafood, wajib mencicipi siput isap ala Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

    Siput isap memang biasanya menjadi makanan pembuka, tapi bisa juga jadi lauk di siang hari dengan campuran rempah-rempah yang gurih.

    Karena kekayaan biota laut yang begitu berlimpah di laut Kepri, sehingga warga sekitar sangat mudah mendapatkan bahan baku siput.

    Bahan bakunya juga mudah dicari, karena berwarna cokelat sama putih belang-belang yang bertebaran di pantai atau nempel di kayu sama karang.

    Jika tak ingin repot, bisa juga dibeli di pasar tradisional dengan harga yang sangat terjangkau. Selain mudah didapatkan, siput isap juga berprotein tinggi dan rasanya juga tidak kalah dengan kerang. 

    Cara memasak siput isap relatif mudah. Sebelum siput dimasak, sebaiknya direndam selama 2-3 jam agar seluruh kotoran siput keluar. 

    Lalu, ujung cangkang siput dipotong agar bumbu cepat meresap dan mudah dimakan. Bumbu yang dibutuhkan adalah 1 batang serai, 2 lembar daun salam, 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih dan 1 centimeter lengkuas yang sudah diiris.

    Setelah semua bahan siap, siput isap siap untuk dimasak. Pertama-tama, bawang merah dan bawang putih dihaluskan kemudian ditumis bersama bahan lainnya sampai aromanya keluar dan siap disantap.