• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Kisah Siti Balqis di Pulau Subi Natuna, Meregang Nyawa Karena Paras Rupa yang Jelita

    Ilustrasi (Foto: via hitekno.com)

    NATUNA, MELAYUPEDIA.COM - Kepulauan Riau (Kepri), menyimpan banyak cerita tentang sejarah, cerita rakyat bahkan cerita dongeng.

    Salah satunya adalah cerita atau kisah tentang seorang wanita berparas jelita di Pulau Tujuh. Ianya menjadi rebutan para lelaki-lelaki pada masa itu.

    Wanita itu bernama Siti Balqis. Memiliki paras yang rupawan, Siti Balqis tinggal di Pulau Subi, yang saat ini masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Natuna, Kepri.

    Kecantikan Siti Balqis telah membuat banyak pria khilaf mata. Mereka rela bertumpah darah hingga menggadai nyawa demi mendapatkan wanita tersebut.

    Hingga pada suatu ketika, tepatnya di malam hari terjadilah perkelahian antara enam orang pemuda dengan abang Siti Balqis yang hanya seorang diri saja.

    Perkelahian ini sangat tidak seimbang. Di dalam perkelahian tersebut, semuanya meninggal dunia, termasuk Siti Balqis sendiri yang terkena tusukan salah satu keris milik salah seorang pemuda yang berkelahi tersebut.

    Kejadian ini tepatnya terjadi pada tahun 1325 H. Acara pemakaman seluruh korban diurus oleh masyarakat setempat dan dimakamkan pada satu kompleks, yang berukuran 10 x 10 m.

    Kisah Siti Balqis ini menjadi pelajaran buat seluruh insan di dunia. Bahwa kecantikan bukan lah jaminan untuk membawa kebahagian.

    Dikarenakan kecantikannya, bahkan bisa saja membawa korban bagi diri sendiri dan juga keluarga maupun orang lain.

    Kecantikan yang dianugerahkan Tuhan tidak semuanya membawa kebahagiaan. Bisa juga pada akhirnya membawa mala petaka bagi diri sendiri jika salah melangkah.