• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Loker Khusus Warga Lingga: Bawaslu Buka Pendaftaran Panwascam, Honornya Segini!

    Ilustrasi. (Foto: Kabar Banten)

    LINGGA, MELAYUPEDIA.COM - Buat masyarakat Kabupaten Lingga, ada kabar baik nih. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lingga membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

    Honor yang diberikan pun cukup besar, lebih kurang Rp2,2 juta perbulan untuk Ketua dan untuk anggota Rp1,8 juta perbulan, dengan masa kerja 2 tahun hingga akhir 2024. Pendaftaran dimulai pada tanggal 21 hingga 27 September 2022 mendatang.

    Kepala Divisi SDM, Organisasi, Data dan Informasi Bawaslu Lingga, Fidya Asrina mengatakan, Bawaslu saat ini sedang melakukan sosialisasi terkait perekrutan tersebut. Bawaslu membutuhkan sedikitnya 39 orang anggota Panwascam untuk 13 Kecamatan yang ada di Lingga.

    "Bagi masyarakat Kabupaten Lingga yang ingin menjadi anggota panitia pengawas pemilu atau panwaslu bisa mempersiapkan diri," kata Fidya, Senin (19/9/2022) kemarin.

    Mengenai syarat, para calon pendaftar harus berwarga negara Indonesia yang berumur paling rendah 25 tahun pada saat mendaftar dengan pendidikan paling rendah SMA/sederajat. Terpenting, tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari anggota partai politik sedikitnya 5 tahun.

    Bawaslu Lingga kata Fidya membuka seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mendaftarkan diri dalam perekrutan panwascam.

    "Saya berharap di tiap kecamatan setidaknya ada enam pendaftar sehingga bisa dilakukan proses seleksi untuk memilih tiga orang yang nantinya ditetapkan sebagai pengawas," katanya.

    Jika jumlah pendaftar belum memenuhi kebutuhan maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran. Disamping itu, keterwakilan 30 persen perempuan dalam proses perekrutan juga menjadi perhatian Bawaslu.

    "Seleksi calon anggota panwascam dilakukan melalui berbagai tahap. Tesnya nanti menggunakan sistem CAT," pungkasnya.