• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Suka Duka Vaksinator Gencar Vaksinasi Warga Batam

    Nova, vaksinator di Batam di sela tugasnya melayani vaksinasi Covid-19 di GOR Temenggung Abdul Jamal

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM – Vaksinator yang merupakan tenaga medis, kini sangat dibutuhkan. Yaitu untuk melakukan vaksinasi ke para warga di setiap daerah di Indonesia.

    Namun, ada suka duka yang dialami para vaksinator. Mulai dari menahan letih di tengah tugasnya, hingga harus bertemu dengan berbagai karakter warga yang akan disuntik vaksin.

    BACA JUGA :

    Limbah Medis di RSUD Natuna Menumpuk di Dekat Ruang Isolasi Covid-19

    PPKM Level 3 Diterapkan, PTM di Meranti Dihentikan

    Penelitian di Tiongkok Ungkap Vaksin Sinovac Bisa Picu Penurunan Antibodi

    Di Kota Batam Kepulauan Riau (Kepri), ratusan vaksinator dikerahkan untuk menyuntikkan vaksin kepada warga.

    Para vaksinator ini tidak menjalankan tugasnya hanya di satu tempat saja. Terkadang berpindah-pindah, dari pagi hingga malam hari.

    Nova, salah satu petugas vaksinasi dari Puskesmas Tanjung Uncang Batuaji Kota Batam Kepri, menceritakan suka duka menjadi seorang vaksinator di tengah wabah Covid-19.

    "Kita dari bulan tiga (Maret) sudah mulai gencar melakukan vaksinasi, untuk lokasinya kita dibagi-bagi oleh Dinkes," kata Nova,saat ditemui di lokasi vaksinasi, GOR Temenggung Abdul Jamal, Batam pada Jumat (30/7/2021).

    Dalam waktu sehari, Nova bisa menyuntikkan vaksin hingga 400 orang warga, dengan beragam latar belakang sosial.

    Rasa lelah pun pasti dirasakannya. Namun semangat warga Batam untuk sehat dan terhindar dari Covid-19, membuat semua lelah bisa terobati.

    "Capek sudah tentu, cuma kita tetap jalankan tugas agar masyarakat tervaksin dengan harapan semuanya sehat," katanya.

    Rasa cemas karena takut terpapar Covid-19 saat harus bertemu dengan para warga, diakuinya sempat terbesit.

    Namun, keteguhan hati dan niat disertai dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, membuat dia yakin jika dia akan tetap safety saat bertugas.

    Nova juga rutin mengonsumsi vitamin, mengkonsumsi makanan yang bergizi, untuk membentengi dirinya sehingga kondisi tubuh dapat terjaga.

    "Yang paling penting kita prokes dijalankan. Saat pulang ke rumah, kita jaga-jaga juga dan menyemprotkan disinfektan. Lalu istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi dan juga minum vitamin," ujar Nova, yang berprofesi sebagai Bidan itu.