• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Bantuan Pupuk untuk Petani Bawang Merah di Bintan

    Petani bawang merah di Bintan dapat bantuan

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Sebanyak 16 kelompok petani bawang merah di Kabupaten Bintan Kepulauan Riau (Kepri), menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan.

    Melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bintan, pemerintah menyalurkan bantuan sarana produksi bawang merah kepada para kelompok tani di Kabupaten Bintan.

    Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Bintan Apri Sujadi dan Wakil Bupati Bintan, Roby Kurniawan di Pasar Tani, Kecamatan Toapaya, Kamis (29/7/2021) lalu.

    Bupati Bintan Apri Sujadi menuturkan, bantuan sarana produksi bawang merah diakukan, sebagai salah satu upaya dalam peningkatan produksi bawang merah bagi petani di Kabupaten Bintan.

    Bantuan yang diberikan yaitu pupuk NPK sebanyak 2.35 Ton, Pupuk Organik Cair (POC) sebanyak 120 liter dan Pestisida Hayati cair (PHC) sebanyak 90 liter.

    Berbagai bantuan terus diberikan dalam mendukung kemajuan perekonomian. 

    Bahkan juga dalam waktu dekat, Pemkab Bintan juga akan mulai menjalankan program bantuan subsidi tanpa bunga bank baik kepada pelaku UMKM termasuk sektor pertanian.

    "Kita akan jalankan program bantuan subsidi tanpa bunga diakhir tahun ini, termasuk untuk pelaku sektor pertanian," katanya, Jumat (30/7/2021).

    Ditambahkan Kepala DKPP Bintan Khairul, bantuan yang diberikan bukan bersumber dari APBD Bintan.

    Namun dari alokasi anggaran APBN 2021, melalui Satker Direktorat Jenderal Hortikultura.

    Yaitu masuk dalam program Ketersediaan, Akses dan Konsumsi Pangan Berkualitas, Kegiatan Peningkatan Produksi Sayuran dan Tanaman Obat (STO).

    Dengan sub kegiatan pengembangan kawasan bawang merah, seluas 17, 5 hektar bagi 16 kelompok tani.

    "Kita harapkan dengan bantuan ini, produksi bawang merah di Kabupaten Bintan dapat meningkat," ucapnya.