• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Tarempa, Nama Daerah atau Makanan ?

    Kabupaten Kepulauan Anambas Kepulauan Riau (Kepri) (Dok. anambaskab.go.id)

    Batam, Melayupedia.com – Jika mendengar nama Tarempa, harus terlebih dahulu mencaritahu apa itu Tarempa. Tarempa tidak hanya digunakan sebagai nama daerah di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri).

    Namun Tarempa juga disematkan sebagai nama makanan khas Kepulauan Anambas. Yuk kita bahas satu persatu.

    Ibu Kota Kepulauan Anambas

    Tarempa merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas Kepri, yang letaknya di pantai utara Pulau Siantan.

    Tarempa juga merupakan Ibu Kota Kepulauan Anambas, dengan potensi wisata laut yang sangat luas. 

    Bagi pelancong yang berwisata alam di Tarempa Kepulauan Anambas ini, bisa melihat karang laut yang sebagian besar terawatt, air yang jernuh hingga jauh dari hiruk pikuk kemacetan metropolitan.

    Mi Tarempa

    Tidak hanya sebagai nama daerah di Kepulauan Anamba. Tarempa juga disematkan untuk salah satu jenis mi, dengan olahan yang khas.

    Mi Tarempa berbeda dengan mi biasanya, karena terbuat dari tepung gandum. Makanan ini biasa disajikan warga, ketika ada tamu yang berkunjung maupun menjadi santapan pagi masyarakat sambil duduk di warung kopi setempat.

    Mi ini dibuat dengan olahan ikan tongkol atau yang biasa disebut dengan ikan 'simbok', yang dipotong kecil kemudian ditumis dengan minyak goreng. Tak lupa pula diberi cabai kering giling yang jadi bumbu khas mi Tarempa.