• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    4 Menu Menyegarkan, Cocok untuk Teman Berbuka Puasa

    Kolak.

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Bulan Ramadan selalu menjadi momen yang paling ditunggu oleh umat muslim dunia. Momen buka puasa semakin lengkap tentunya jika terdapat berbagai hidangan menyegarkan.

    Beberapa ide menu buka puasa yang sehat sebenarnya bisa dijadikan alternatif. Tak melulu gorengan, beberapa minuman khas Nusantara dapat dijadikan pilihan ketika berbuka puasa.

    Salah satu yang populer dan cukup digemari oleh berbagai kalangan yakni es teler. Selain es teler, sebenarnya ada beberapa ide menu buka puasa yang menyehatkan untuk Anda dan keluarga di rumah.

    Yuk, simak ide menu buka puasa yang telah dirangkum dari laman Hops.id  berikut ini.

    BACA JUGA:

    6 Tempat Menarik Berburu Takjil di Daik Lingga

    Resep Kolak untuk Penderita Diabetes, Bisa Jadi Menu Berbuka Puasa

    1. Es kelapa agar-agar selasih

    Menu buka puasa yang satu ini bisa menjadi salah satu hidangan favorit keluarga. Selain cara membuatnya yang mudah, bahan yang digunakan pun disukai oleh anak-anak.

    Es kelapa agar-agar selasih memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh setelah berpuasa seharian. Dikutip dari Healthline, daging kelapa mengandung mengandung protein, kalsium, fosfor zat besi, dan vitamin C.

    Sedangkan biji selasih yang terdapat pada menu ini dapat membantu menyegarkan tenggorokan setelah berpuasa seharian.

     

    2. Es teler

    Es teler juga menjadi salah satu primadona untuk sajian menu buka puasa. Salah satu ciri es jenis ini yaitu menggunakan kuah susu atau santan ditambah dengan sirup dan daging durian.

    Oleh karenanya, rasa kuah es teler lebih creamy dan legit. Buah lainnya yang sering digunakan untuk es teler adalah alpukat, nangka, dan kelapa muda.

    Tak heran, minuman satu ini memiliki banyak penggemar mulai dari dewasa dan anak-anak.

    3. Salad buah

    Bukan tanpa alasan kalau salad buah menjadi menu buka puasa favorit. Semangkuk salad buah juga mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh setelah berpuasa seharian.

    Gula alami dalam buah-buahan juga sangat baik untuk buka puasa. Selain itu, buah juga banyak mengandung ari yang sangat dibutuhkan tubuh. Nah, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba salad buah sebagai menu buka puasa hari ini.

    4. Kolak

    Menu buka puasa satu ini memang sangat digemari sebagai menu berbuka. Bukan tanpa alasan, perpaduan citarasa yang unik dari kolak membuat menu satu ini digemari banyak orang.

    Tak heran jika sampai saat ini, kolak masih menjadi takjil favorit masyarakat Indonesia.

    Varian dari kolak pun sangat bermacam-macam. Antara lain ada kolak pisang, kolak ubi, kolak labu, kolak kolang-kaling, kolak candil, biji salak, dan lain-lain.