• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Kecap Pagoda, Buah Tangan Tradisional Khas Kepri

    Kecap Pagoda khas Tanjungpinang Kepri (Dok. Kompas.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM – Biasanya buah tangan dari plesir ke suatu daerah, adalah makanan, pakaian, aksesoris dan lainnya. Namun jika kamu ke Tanjungpinang Kepulauan Riau (Kepri), jangan lewatkan buah tangan satu ini.

    Kecap Pagoda menjadi salah satu buah tangan yang pas, untuk mewakili keberadaanmu di Kepri. Kecap yang diolah secara tradisional ini, mempunyai cita rasa yang nikmat dan kualitas yang baik.

    BACA JUGA :

    Ternyata Ini Asal Mula Nama Pulau Penyengat di Kepulauan Riau

    Mi Sagu Anambas, Warna Tak Menggoda Namun Rasanya Jangan Ditanya

    PStore Gandeng Polres Balerang Salurkan Ribuan Karung Beras ke Warga Miskin

    Pengolahan Kecap Pagoda dilakukan di pabriknya di daerah Senggarang Kecil Tanjungpinang Kepri.

    Menurut Anton, warga asli Senggarang, tempat pembuatan kecap tradisional memang sudah langka di Indonesia, tapi di sini masih melakukan proses-proses secara tradisional.

    “Kecap Pagoda dipakai untuk kualitas kecap yang paling baik dari hasil rendaman kedelai pertama. Dari pabrik tersebut ada juga yang dilabeli Kecap Ayam dari hasil rendaman kedelai yang kedua, dan Kecap Kelapa dari rendaman yang ketiga," katanya.

    Ada dua jenis kecap yang dihasilkan dari tempat tersebut. Kecap sayur, biasa dikenal sebagai kecap asin, untuk dipakai untuk masakan berkuah supaya tidak lagi memakai garam.

    Dan ada juga kecap masak, yang dipakai untuk masakan tumis-tumisan. Yang kecap masak lebih kental, tapi bukan seperti kecap manis.

    “Kalau kecap sayur, kedelainya tidak perlu dikukus. Proses pertamanya kedelai hanya direndam selama dua bulan. Sedangkan kecap masak, kedelainya harus dikukus terlebih dulu,” ungkapnya.

    Ada juga gentong-gentong besar yang berjajar untuk merendam kedelai dan sering digunakan untuk menjemur air rendaman, sampai menjadi kecap.

    Diakuinya, proses penjemuran memakan waktu paling lama. Karena kecap masak terbaik, waktu penjemurannya hampir satu tahun lebih. Kecap yang ini, biasanya tidak dijual di pasaran karena harganya menjadi terlalu mahal.

    Kecap-kecap Pagoda tersebut, bisa didapatkan di Swalayan Pinang Lestari, di daerah Taman Mekar Sari, Tanjung Pinang Kepri.