• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Meneguk Segarnya Es Laksamana Mengamuk dan Mendengar Kisahnya yang Unik

    Es laksamana mengamuk khas Kepri (Dok. indonesia.go.id)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM – Panas terik matahari membuat dahaga kian terasa. Siang-siang gini, enaknya minum es yang segar dan manis. 

    Jika kamu berada di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), coba deh mampir ke pusat kuliner dan pesan es laksamana mengamuk. Dijamin, dahaga kamu segera terusir.

    BACA JUGA :

    Cicipi Tepung Gomak, Jajanan Khas Melayu dengan Rasa Manis Kenyal

    Bingke Kembang, Kue Cantik yang Manis dengan Aroma Sedap

    Sarapan Lezat dengan Seporsi Lontong Paha Khas Karimun

    Es laksamana mengamuk diracik dari buah kuwini atau kuweni (mangifera odorata) sebagai bahan pokoknya. 

    Mendengar namanya memang cukup menggelikan di telinga. Es laksamana mengamuk, seakan menggambarkan seorang kesatria yang meredakan kemarahannya usai mengamuk, dengan meminum es ini. 

    Lalu, bagaimana kisah es laksamana mengamuk ini?

    Konon katanya, minuman dingin ini lahir sebuah cerita zaman dulu. Saat itu terjadinya konflik dalam keluarga seorang laksamana di perkebunan kuweni. 

    Sang laksamana itu mengamuk, karena istrinya dibawa lari pemilik kebun kuweni. Akhirnya dia menebaskan pedangnya ke seluruh penjuru, sampai puluhan buah kuweni hancur oleh kemarahannya.

    Setelah meluapkan kemarahannya, orang di sekitar kebun tersebut mengambil buah kuweni yang telah tercincang dan terhampar di rumput.

    Saat mengambilnya, orang-orang pada bingung, akan diapakan buah yang telah terpotong itu. Sampai kemudian ada seorang wanita, yang mencampurkan potongan buah kuweni dengan santan serta gula merah.

    Maka, jadilah minuman segar itu dan langsung dinikmati seluruh kampung. Itulah asal-usul minuman ini, dinamakan es laksamana mengamuk.

    Kini, laksamana mengamuk menjadi minuman khas yang sering disajikan pada acara perjamuan, berbuka puasa, dan perayaan hari besar lainnya di seantero tanah Riau.

    Meneguk segarnya minuman ini, juga bisa membantu pencernaan lancar. Karena, kandungan serat yang cukup tinggi dari buah kuwini, mampu mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

    Lalu ada Vitamin A di dalam buah kuwini, yang baik untuk kesehatan mata dan daya tahan tubuh. Buah kuweni juga mampu penuhi kebutuhan zat besi harian.