• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Menjelajahi Negeri 101 Malam ala Gurun Pasir Telaga Biru Bintan

    Gurun Pasir Telaga Biru yang terletak di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Tepatnya di Desa Busung, Kecamatan Tanjung Uban ( foto: Kemenparekraf)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM – Masih ingat dongeng Aladin dan Puteri Jasmine ala Timur Tengah? Sepasang kekasih yang dikisahkan berpetualang di negeri 101 malam, di negara Timur Tengah.

    Tidak perlu jauh-jauh ke Timur Tengah, untuk mencari sensasi petualangan 101 malam di gurun pasir.

    Di Kepulauan Riau (Kepri) pun, kamu bisa menikmati sensasi berpetualang ala Aladin, di Gurun Pasir Telaga Biru, yang terletak di Kabupaten Bintan.

    Gurun pasir Telaga Biru ini, berada di Desa Busung, Kecamatan Tanjung Uban. Untuk mencapai lokasi ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam, dari Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah di Tanjungpinang. 

    Sementara akses dari Pelabuhan Tanjung Uban Bintan, cukup menempuh perjalanan darat sejauh 17 kilometer atau selama 20 menit saja.

    Dalam perjalanan, pengunjung akan disuguhkan pemandangan, yang didominasi hutan-hutan dataran rendah, kebun karet, dan rawa-rawa. Setelah menempuh perjalanan yang cukup berkelok, kamu akan tiba di lokasi Gurun Pasir Telaga Biru.

    Gundukan pasir yang membentuk gunung pasir tersebut, memperkuat kesan padang pasir di destinasi ini. Di lokasi ini juga, terdapat sejumlah telaga yang terisi air berwarna biru.

    Pemandangan bak oase di padang pasir yang disuguhkan, sangat memanjakan mata wisatawan yang datang berkunjung ke lokasi ini.

    Sebelum menjadi destinasi wisata, Gurun Pasir Telaga Biru ternyata dulunya merupakan lokasi pertambangan pasir, sejak 20 tahun lalu. Namun baru di tahun 2017 ini, menjadi destinasi wisata yang diburu para pelancong di Kepri.