• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    SKN Polda Kepri Gelar Pendidikan On Campus, Ini Permintaan Kapolda Irjen Pol Aris

    Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman mencukur siswa sebagai tanda pembukaan pendidikan di SPN Polri Tanjung Batu. (Foto: Bidang Humas Polda Kepri)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM – Sekolah Kepolisian Negara (SKN) Polda Kepulauan Riau (Kepri) di Tanjung Batu Kabupaten Karimun Kepri, kini diramaikan dengan kedatangan ratusan siswa bintara Polri, Senin (26/7/2021).

    Sebanyak 215 orang siswa Bintara Polri, terdiri dari 182 orang Bintara tugas umum, 18 orang Bintara Rekrutmen Proaktif dan 15 orang Bintara Kompetensi Khusus akan menjalani pendidikan di sekolah kepolisian tersebut.

    Upacara pembukaan pendidikan langsung dipimpin oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman. Turut hadir Pejabat Polda Kepri, Tim Supervisi Lemdiklat Polri, KA SPN Polda Kepri, Kapolres Karimun dan Forkopimda Kabupaten Karimun.

    Dalam amanat Kepala Lemdikpol Polri Komjen Polisi Prof Rycko Amelza Dahniel, Kapolda Kepri mengatakan pendidikan pembentukan Bintara Polri pada tahun ini, memiliki beberapa kekhususan dalam penyelenggaraannya.

    Menurutnya, pendidikan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19, pimpinan polri telah memutuskan Diktukba Polri T.A 2021 yang dilaksanakan secara tatap muka atau On Campus.

    Dengan pertimbangan, berhasilnya pendidikan yang lalu dalam mengelola seminimal mungkin penularan dan penyebaran Covid-19 selama pendidikan berlangsung.

    "Teruslah gelorakan disiplin protokol kesehatan (prokes), jangan lengah dan jangan kendor,” ucapnya.

    Dia meminta tuntaskan vaksinasi, baik untuk serdik maupun para gadik, pengasuh, pelayan dan keluarga besar kampus, pastikan fasilitas pendidikan dan asrama telah memenuhi disiplin Prokes.

    Kapolda Kepri juga meminta agar pengurus SKN Polda Kepri memastikan, fasilitas dan alat-alat kesehatan telah siap memadai.

    “Jangan sampai terjadi kampus-kampus Polri, justru menjadi episentrum penyebaran klaster covid-19," ujarnya.

    Menurutnya, penyelenggaraan pendidikan secara On Campus, untuk guna terpenuhinya kompetensi lulusan Bintara polri.

    Yang mana diharapkan, kompetensi para Bintara Polri sangat menentukan wajah dari pelayanan polri. 

    “Sebanyak 75 persen komposisi personel Polri, terdiri atas para Bintara yang merupakan gara terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

    Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt menuturkan, diktuba tahun ini secara khusus untuk pertama kalinya, akan diterapkan penguatan kurikulum baru.

    Yang mana, telah diresmikan oleh Kapolri pada peringatan Hari Bhayangkara ke-75 pada tanggal 1 Juli 2021, yang diberi nama Kurikulum Presisi.

    "Untuk menjawab tantangan ini semua, maka telah ditetapkan 8 program prioritas transformasi pendidikan polri," ucapnya.