• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Pasien Positif Covid-19, Wako Batam: Sebelum Sepekan Kita Asingkan

    Ilustrasi pasien Covid-19 (IST)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM – Untuk mendeteksi dini penularan Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Batam Kepulauan Riau (Kepri) berencana menggelar tes cepat antigen, ke seluruh warganya. 

    Menurut Wali Kota (Wako) Batam Muhammad Rudi, hal ini menjadi salah satu langkah menekan penularan Covid-19, di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

    Terlebih dengan cepatnya terdeteksi, maka warganya bisa lebih cepat ditangani dan tidak menyebar ke orang lain lagi.

    "Kalau ingin (pandemi) selesai, seluruh yang terkena (Covid-19) sebelum sepekan kalau bisa kita asingkan, sehingga tidak akan menular," ucapnya, Kamis (22/7/2021).

    Rencananya, program ini akan dilakukan pada warga, yang dibagi per kelurahan tempat tinggal secara bergantian.

    "Kami minta, ada kelurahan per kecamatan, satu minimal. Yang akan kami jadikan contoh untuk menyisir seluruh masyarakat kita agar semua di-rapid antigen,"katanya.

    Apabila pemeriksaan warga per kelurahan berurutan dilakukan, Rudi optimis dalam waktu satu bulanan, penularan Covid-19 di Batam bisa turun kembali ke posisi sebelumnya.

    Nantinya, warga yang sudah menjalani test antigen dan terpapar Covid-19, akan langsung ditempatkan di fasilitas isolasi yang telah disiapkan oleh pemerintah.

    Terkait biaya tes cepat antigen bagi warga, Wako Batam akan mendiskusikannya bersama Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam.

    "Kita lihat, kalau bisa BP semua, kalau engak, bagi dua," ujarnya.