• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Asyik.. Setiap Kampung di Bintan Dapat Uang dan Pembinaan Kesejahteraan

    Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan (Melayupedia.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bintan, Roby Kurniawan telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan pembinaan ke seluruh perkampungan yang ada di Kabupaten Bintan.

    Ada 10 jenis pembinaan yang diberikan, yang akan disesuaikan dengan potensi yang di perkampungan tersebut.

    Dia mengatakan, pembinaan yang diberikan merupakan program gerakan membangun kampung atau Gerbang Kampung. Program tersebut menjadi prioritas pada tahun ini.

    "Untuk menjalankan program ini setiap RW akan diberikan dana Rp 50 juta. Dengan uang itu, setiap RW atau kampung akan diberikan pendampingan dan pembinaan tentunya yang berbasis kesejahteraan," ujarnya, Senin (31/1/2022).

    Ada 10 pembinaan yang akan diberikan ke setiap kampung. Mulai dari kampung bina sehat, bina infrastruktur, bini ekonomi, bina pertanian dan bina pariwisata.

    Lalu, bina perikanan, bina aman damai, bina budaya dan olahraga, bina religi hingga bina kesejahteraan keluarga.

    "Pembinaan ini disebut Dasa Bina Desa. Diambil dari bahasa sansekerta yaitu Dasa berarti 10. Jadi artinya 10 program pembinaan desa atau kampung," ungkapnya.

    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan Ronny Kartika menuturkan, 10 elemen pembinaan tersebut berlandaskan azas peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    "Dasarnya kesejahteraan. Kebutuhan setiap lokasi berbeda, potensinya pun beragam. Andil dari masyarakat lah yang kita harap dapat menggali semua potensi yang ada dan memenuhi semua kebutuhan umumnya," katanya.

    Dia menegaskan, Pemkab Bintan selalu siap dan hadir dalam memberi pendampingan dan pembinaan.

    Sehingga, program tersebut harus benar-benar diberdayakan yang tujuan akhirnya berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. 

    "Minimal memberi manfaat yang berkesinambungan pada masyarakat," katanya.