• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Ada Kunjung Laut di Tengah Danau Betung Pelalawan

    Wisata Danau Betung di Riau (Dok.  beritariau.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Danau Betung merupakan salah satu destinasi di Provinsi Riau, tepanya di Desa Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan.

    Desa Betung merupakan desa yang dihuni oleh suku Melayu asli Petalangan. Makanya, tak heran jika di kampung ini, masih ditemukan banyak tradisi masyarakat Petalangan yang khas dan terpelihara.

    Sebut saja tradisi Bedewo, Nyanyian Panjang, Menumbai Madu, Belian, Atraksi Silat Payung dan sebagainya.

    Selain itu, ada juga berbagai kerajinan tangan tradisional yang terbuat dari pandan, rotan, bambu, kopau dan sejenisnya.

    Potensi inilah yang semakin menambah kekayaan wisata dan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Danau Betung.

    Nyatanya, Danau Betung merupakan danau yang sudah populer sejak tahun 1985 silam.

    Pasalnya, pada tahun tersebut, danau ini sudah menarik minat negara Australia dan Pemda setempat.

    Maka pada tahun tersebut dibangunlah sebuah rumah adat yang diletakkan di bagian tengah-tengah danau. Rumah adat itu diberi nama Kunjung Laut.

    Selain itu, di lokasi danau juga terdapat bangunan lain di antaranya Balai Gunjung Laut, Museum Tuk Monti, Gedung Putri Lindung Bulan, gazebo-gazebo dan sebuah mushola sederhana. 

    Sayang, seiring perjalanan waktu, kondisi bangunan di lokasi ini semakin memprihatinkan. Kurangnya perawatan, membuat fasilitas di tempat wisata ini semakin tidak layak untuk digunakan.

    Kondisi air danau pun sudah mulai kotor dan berlumut. Pembersihan danau dan renovasi bangunan, dibutuhkan untuk membantu peningkatan kunjungan wisatawan ke Danau Betung.

    Terlebih lagi saat ini Danau Betung sudah masuk dalam daftar peta pariwisata Kabupaten Pelalawan, yang akan dilihat oleh banyak orang saat akan memilih destinasi wisata yang ada di daerah tersebut.