• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Goa Sikafir, Miliki Liku yang Unik Sekaligus Menyeramkan

    Goa Sikafir di Riau (Dok. riaumagz.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA. COM - Gua Sikafir merupakan gua yang terletak di Rokan Hulu, Riau.

    Gua ini sangat menakjubkan, sekaligus terkesan menyeramkan, yang berada sekitar 1 Km dari sumber Air Pawan.

    Pengunjung akan menjumpai hutan dengan kayu-kayu besar, yang dililiti oleh urat-urat kayu hawa (Sulur).

    Di dalam kawasan hutan seluas 6 hektar inilah terdapat 41 goa-goa besar dan kecil. Setiap goa memiliki nama yang sesuai dengan kondisi go.

    Seperti contoh goa landak, goa ini seperti lobang sarang landak, goa tupai seperti parit yang panjang, namun tidak terlalu sempit.

    Dari sekian banyak goa yang terkenal keindahannya, beberapa di antaranya yaitu Goa Mata Dewa dan Goa Lepong, serta Goa Kulam.

    Pengunjung akan merasakan petualangan Goa yang tak akan terlupakan, sebab Goa Sikafir ini berbeda dari yang lainnya, yakni seperti berliku di dalam Goa.

    Lokasi objek wisata Gua Sikafir cukup menarik perhatian. Memasuki kawasan ini, akan disambut dengan suasana hijau hutan rimbun yang menyimpan kekayaan flora dan fauna cukup tinggi.

    Menariknya, liku tersebut berbeda-beda ukuran panjang dan lebarnya. Bagi pecinta alam, yang hobi bertualang di alam bebas, tentunya Goa Huta Sikafir tidak akan dilewatkan ya!

    Di hutan ini kita menemukan banyak hewan seperti badak, monyet, beruang dan berbagai jenis burung.

    Selain itu, hutan ini juga memiliki banyak tanaman ekonomis seperti kayu rotan, gaharu, kulim, gambir, kayu putih, kunyit dan sebagainya.