• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Menjunjung Duli, Tradisi Silaturahmi Kesultanan Melayu Deli

    Tradisi Menjunjung Duli khas Kesultanan Melayu Deli (Dok. Antara)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM – Prosesi Menjunjung Duli merupakan salah satu tradisi yang dilakukan oleh Kesultanan Melayu Deli, di Sumatera Utara (Sumut). Kegiatan ini juga berkaitan dengan tradisi melayu yang kental di Pulau Sumatra, termasuk di Kepulauan Riau (Kepri) dan Riau.

    Menjunjung Duli merupakan tradisi bersilaturahmi, yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya oleh pihak kesultanan kepada keluarga dan warga.

    Tradisi ini telah dilaksanakan sejak ratusan tahun. Prosesi ini dimulai dari Pemangku Kesultanan Deli, Tengku Hamdy Osman Deli Khan Al-Haj, Gelar Tengku Raja Muda Deli dari Masjid Raya Al Mashun Medan menuju Istana Maimun dimana para warga menyalami Raja Muda tersebut.

    Setibanya di Istana Maimun, para keluarga dan kerabat Kesultanan Deli secara bergiliran menyalami Pemangku Kesultanan Deli, Tengku Hamdy Osman Deli Khan Al-Haj, Gelar Tengku Raja Muda Deli sambil bermaaf-maafan.

    Setelah prosesi selesai, para keluarga dan kerabat dapat menikmati hidangan makanan yang telah disediakan.

    Tengku Mahmud Aria Lamanjiji Perkasa Alam diangkat menjadi Sultan Deli yang ke XIV. Dikarenakan Sultan masih berusia remaja, maka pemangku kerajaan Sultan Deli adalah Wali Sultan Raja Muda Tengku Hamdy Osman Deli Khan.