• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Malam Kue Bulan Khas Tionghoa, Ajang Silaturahmi dan Cari Jodoh

    Festival Kue Bulan umat Tionghoa di Pekanbaru Riau (Dok. detik.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM – Malam Kue Bulan atau Zhong Qiu, adalah perayaan masyarakat Tionghoa di Pekanbaru Riau, sebagai penghormatan kepada para Dewa Bulan.

    Tak hanya menjadi tradisi saja, acara ini juga menjadi ajang berkumpulnya keluarga dan mencari jodoh bagi muda-mudi.

    Perayaan Kue Bulan tersebut biasanya setiap tahunnya. Salah satu lokasi perhelatan di Pekanbaru, yakni di Kota Tua Pekanbaru. Lokasi ini juga sering disebut dengan istilah China Town-nya Pekanbaru.

    Di lokasi tersebut, biasanya diwarnai dengan ribuan lampuin berwarna merah di sepanjang jalan. Ada juga pawai para keluarga besar warga Tionghoa, yang terdiri dari paguyuban yang ada di luar kota Pekanbaru.

    Seperti pawai dengan membawa lampion berbentuk ayam, yang dibawa keliling di sekitaran kota.  Malam hari, suasana biasanya semakin meriah. Meja-meja bundar terbuat dari plastik disusun di tengah jalan.

    Hidangan pun tersedia yakni kue bulan. Kue ini bentuknya bulat, rasanya manis. Kue bulan di sediakan, untuk disantap para keluarga besar tionghoa dan masyarakat sekitar. Jenis-jenis kue bulan ini, disajikan secara gratis.

    Para gadis tionghoa pun, bertugas untuk membagi-bagikan kue bulan. Dengan ramahnya mereka mempersilahkan warga sekitar, untuk menikmati kue bulan yang mereka bagikan.

    Tradisi Kue Bulan ini, sudah ada ribuan tahun yang lalu, di tanah leluhur mereka di China. Acara ini merupakan bentuk penghormatan pada dewa bulan.

    Pelaksanaannya kata Wijadi, selalu pada bulan ke 8 dalam kalender China. Di mana pada bulan ke 8, merupakan waktu bulan paling dekat dengan bumi.