• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Menteri BUMN Ingin HIPMI Kepri Dorong Kemajuan UMKM dan Pengusaha Muda

    enteri BUMN Erick Thohir kala bertemu pengurus HIPMI Kepri di Batam (Melayupedia.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kepulauan Riau (Kepri), mendapat dukungan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, terkait peningkatan perekonomian rakyat.

    Saat mengunjungi Kota Batam Kepri pada hari Jumat (7/1/2022) kemarin, Menteri BUMN, Erick Tohir bertemu sejumlah komponen, salah satunya pengusaha muda.

    Dalam pertemuan dengan HIPMI Kepri di Hotel Radisson Batam, ia mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis digital.

    BACA JUGA:

    Cegah Stunting, Kemenang Kepri Anjurkan Ibu Hamil Konsumsi Makan Halal

    Tepati Janji, Plt Bupati Bintan Salurkan Subsidi Pinjaman Modal Tanpa Bunga ke UMKM

    Batamnews Festival, Akan Ada Bazar UMKM - Kompetisi Band

    Erick mengatakan BUMN siap bersinergi dengan UMKM, dan sudah banyak BUMN yang ada di daerah dengan pembelanjaan di bawah Rp 400 juta memberikan pembelanjaan kepada UMKM lokal. Hal ini diwujudkan melalui Pasar Digital yaitu PADI yang menjadi platform perusahaan di BUMN untuk berbelanja.

    Saat ini, kurang lebih ada sekitar 107 perusahaan BUMN yang tercatat melakukan transaksi di seluruh Indonesia melalui platform digital PADI tahun 2021 sekitar Rp 11,8 Triliun.

    Mendapat dukungan tersebut, Ketua Umum BPD HIPMI KEPRI, Sari Dwi Mulyawaty berterimakasih atas kesempatan yang diberikan Menteri BUMN kepada HIPMI Kepri agar bisa menjadi bagian besar dari pembelanjaan yang ada di PADI.

    Sari juga menyampaikan bahwa beberapa hari yang lalu sudah diresmikannya Rumah BUMN, dan itu merupakan salah satu program konkret Kementerian BUMN mendukung UMKM lokal.

    “MoU yang ditandatangani antara HIPMI KEPRI, Telkom dan Bank BRI merupakan sinergi awal yang akan membangkitkan kembali perekonomian daerah melalui pembelanjaan oleh perusahaan-perusahaan BUMN di daerah,” kata Sari.

    Sari juga menyampaikan Indonesia saat ini membutuhkan tokoh-tokoh muda yang peduli UMKM, karena saat ini bangkitnya ekonomi membuka peluang besar bagi pengusaha muda untuk bisa kembali melanjutkan produksi dan membuka lapangan pekerjaan baru yang besar di daerah.

    “Saya yakin satu kementerian saja yang mendukung UMKM lokal sekelas BUMN, maka roda perekonomian daerah akan bergerak maju,” ujarnya.

    Dalam diakusi tersebut sari juga menyampaikan Mata Elang yang dimiliki Erick Thohir melalui Digitalisasi Ekonomi, adalah era baru transaksi dunia usaha yang merupakan kunci suksesnya pemasaran yang maksimal, efisien dan efektif.

    “Ini terbukti bagaimana Pak Menteri juga sebagai seorang pengusaha sukses mengembangkan perusahaannya menjadi salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia dan dunia. Salah satu yang paling menggemparkan indonesia pada saat membeli saham klub Serie A, Inter Milan,” ucapnya.

    Kehadiran Erick selain sebagai Menteri BUMN, dia juga adalah senior HIPMI. Sari yakin dengan kapasitas yang dimiliki para anggota HIPMI dan dukungan penuh dari Erick Thohir akan membawa dampak positif untuk pembangunan ekonomi daerah.

    Pertemuan tersebut juga di hadiri oleh 4 ketua umum dan anggota masing-masing daerah di Kepri diantaranya Batam, Karimun, Natuna dan lingga serta Dewan Pembina HIPMI Kepri Huzeir Zul dan pengurus BPD HIPMI Kepri.