• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Situs Rumah Kabel di Bengkalis, Kini Tinggal Puing Berlumut

    Sisa bangunan Rumah Kabel di Bengkalis Riau (Dok. kumparan.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, ada sebuah situs yang sangat berperan penting dalam perjalanan sejarah Bengkalis terutama masa pemerintahan kolonial Belanda, yakni situs rumah kabel.

    Situs Rumah Kabel ini merupakan situs yang dibangun pada masa pemerintahan Kolonial Belanda, saat mereka berkuasa di Bengkalis.

    Situs rumah kabel berlokasi di Jalan Kelapapati Laut, atau kini tepatnya berada di belakang gedung SDN 14 Bengkalis. Posisi Rumah Kabel ini tepat menghadap laut Selat Bengkalis.

    Bangunan rumah kabel ini berbentuk persegi dengan ukuran sekitar 5 x 5 m, yang berbalut tembok semen yang kokoh.

    Dulunya, Rumah Kabel ini dipergunakan sebagai pusat pengoperasian pelayanan telekomunikasi, bagi kapal-kapal yang melintasi Pulau Bengkalis menuju Selat Malaka.

    Menurut catatan sejarah, Rumah Kabel ini dibangun pada tahun 1915 dan diresmikan penggunaanya pada tahun 1917.

    Setelah rumah kabel ini rampung, dari tempat ini dilakukan aktivitas penarikan kabel bawah laut hingga ke daerah Tanjung Balai Asahan.

    Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan komunikasi pada saat itu.

    Tersisa Puing Bangunan

    Sayangnya, bangunan yang dahulu memegang peranan penting itu, kini dibiarkan terbengkalai dan jauh dari kata layak.

    Bahkan, seluruh isi dari rumah kabel ini juga sudah habis tak bersisa. Karena berdasarkan penuturan ahli sejarah Bengkalis, sekitar tahun 1970-an kabel-kabel yang ada dicuri oleh oknum warga.

    Dan sekarang, jika kita berkunjung hanya tinggal beberapa sisa bangunan asli pendukung yang masih ada, seperti sumur dan reruntuhan tangki beton yang tidak diketahui fungsinya.