• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Masjid Al-Ikhlas dengan Panorama Air Mancur yang Cantik, Siapa Mau ke Sini ?

    Masjid Al-Ikhlas  di Rokan Hulu Riau (Dok. sitimasha.blogspot.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Di Bagan siapiapi, Kabupaten Rokan Hilir Riau, pada masa penjajahan Belanda, ternyata sudah berdiri kokoh bangunan tiga masjid besar di sini. Yaitu Masjid Raya Al-ikhlas, Masjid Raya Al-Ihsan dan Masjid Al-Kautsar.

    Berbicara soal Masjid Al-Ikhlas, lokasi Masjid Al-Ikhlas yang begitu strategis, menjadikan tempat ini selalu dipenuhi oleh para jamaah atau siapapun yang melewati wilayah tersebut.

    Terlebih letaknya juga persis di sebelah makam Pahlawan. Masjid Al-Ikhlas juga, tak hanya difungsikans ebagai tempat beribadah umat muslim saja. Tapi juga sebagai Islamic Center Kabupaten Rokan Hilir.

    BACA JUGA:

    Kompleks Makam Raja Abdurrahman, Miliki Ukiran Timbul yang Unik

    Masjid Raya Peranap, Miliki Gong Tua Berbau Mistis

    Di Pangkalpinang, Ada Kompleks Pemakaman Tionghoa Terbesar se-Asia Tenggara

    Tak heran, berbagai kegiatan keislaman selalu dilakukan di Masjid Al-Ikhlas. Terutama pada hari-hari besar islam tiba, di masjid tersebut semakin penuh dan ramai oleh berbagai deretan aktivitas, untuk merayakan beberapa hari besar islam dan juga berbagai kegiatan pengajian dan juga tabligh akbar.

    Tak hanya itu saja, keberadaan masjid tersebut juga menjadi ikon kebanggaan warga Rokan Hilir. Bentuk dari struktur bangunannya begitu menarik, dengan mengadopsi dari gaya Turki Utsmani.

    Hal tersebut dibuktikan dengan bagian kubah masjid yang ukurannya besar, serta ke empat menara yang berdiri menjulang tinggi di setiap penjuru bangunan masjid Al-Ikhlas.

    Selain kubah utama yang berada di atap bangunan utama masjid, di ke empat sisi juga terdapat kubah yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan bangunan kubah utama.

    Selain itu juga, ada juga empat menara lagi yang ukurannya lebih kecil ditambah dengan ke empat kubah bawang di masing-masing puncak menara masjid.

    Hal menarik lainnya, yaitu pada kubah masjid Al-Ikhlas memiliki warna yang begitu berbeda. Jika diperhatikan warna dari kubah tersebut, adalah coklat dan tepatnya disebut dengan warna tembaga.

    Hal tersebut memberikan kesan tersendiri, di mana biasanya kubah pada bangunan masjid berwarna emas atau warna lainnya yang mencolok. Serta ditambah dengan beberapa hiasan geometris pada kubah tersebut.

    Maka sangat mudah untuk mengenali bentuk dari bangunan Masjid Al-Ikhlas, jika dilihat dari jarak kejauhan. Selain itu warna yang sama juga dimiliki pada kubah yang berada di ujung ke empat menara masjid.

    Tak hanya bangunan masjidnya saja yang terlihat megah, Masjid Al-Ikhlas juga dilengkapi dengan pekarangannya yang begitu luas. Kemudian pada salah satu sisi pekarangan tersebut, ada air mancur sehingga memperindah suasana masjid Al-Ikhlas.

    Dinding masjid pun berwarna putih secara keseluruhan yang membuat masjid tersebut, terkesan semakin elegan.

    Pada bagian pekarangan masjid pun dihiasi oleh pepohonan dan juga lampu-lampu, sehingga ketika malam hari pun suasana di sekitar masjid akan terasa begitu indah dan mempesona.

    Tak heran masjid Al-Ikhlas selalu dipenuhi oleh para jamaah dan pengunjung, terutama pada hari Jum’at dan kedua Hari Raya Besar Islam.