• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Meski Cukup Berbahaya, Wisatawan Tetap Berenang di Bendungan Kaiti

    Bendungan Kaiti di Riau (Dok. keriaukuy.blogspot.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Riau selalu tak pernah kehabisan spot wisata. Bendungan pun, bisa menjadi wahana yang tak kalah cantik.

    Adalah Bendungan Kaiti dan Danau Cipogas berada di Desa Haiti dan Desa Sialang, Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau.

    Lokasinya dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua, dengan jarak sekitar 4 km dari Pasir Pengaraian. Serta bersimpangan dengan obyek Air Panas Pawan dan Goa Huta Sikafir Kabupaten Rokan Hulu Riau.

    Bendungan Kaiti dan Danau Cipogas tersebut, memiliki bebatuan yang besar, dengan aliran sungai dari kaki Bukit Haorpit yang terjal dan berbatu.

    Konon dahulu kala, di sini merupakan tempat para tetua melakukan semedi/pertapaan Daerah tersebut memiliki cerita tersendiri, yang terkesan mistis.

    Selain menikmati pemandangan Bendungan Kaiti dan Danau Cipogas, wisatawan juga bisa menikmati kegiatan menarik lainnya, yaitu berenang disekitar bendungan atau danau.

    Tak Surutkan Uji Nyali

    Meski berbahaya, tak sedikit wisatawan yang mencoba untuk beradu nyali berenang di bendungan tersebut.

    Wisatawan juga bisa mengelilingi area danau, dengan menggunakan bebek-bebekan sebagai alat transportasi untuk menyururi aliran danau.

    Di hulu sungai tersebut, tidak jauh berjalan ada terbing terjal untuk kegiatan panjat tebing dan selalu dijadikan pertandingan panjat tebing alam.

    Pemerintah setempat kini mulai memaksimalkan potensi yang ada di Bendungan Kaiti dan Danau Cipogas.

    Karena dari tahun ketahun semakin banyak wisatawan yang datang, tidak hanya dari Kabupaten Rokan Hulu saja. Tapi dari luar kotapun banyak yang datang ke objek wisata tersebut. Fasilitas umum seperti tempat berteduh dan fasilitas lainya telah tersedia di kawasan itu.