• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Melihat Burung Langka Kuau di Air Terjun 86 Riau

    Air Terjun 86 di Riau (Dok. medialokal.co)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Berwisata ke air terjun, mampu membuat kenyamanan tersendiri. Mendengar gemericik air yang turun deras dari atas, sungguh mampu memanjakan mata dan telinga ya..

    Lokasi air terjun tersebut, tepatnya di Dusun Simpang Pendowo, Desa Keritang Hulu, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, namanya Air Terjun 86.

    Untuk mencapai lokasi wisata Air Terjun 86 itu, mengharuskan kamu untuk berjalan kaki setidaknya selama 1 jam. Tapi tidak perlu khawatir. Dalam perjalanannya, kamu akan disuguhi panorama alam nan indah.

    BACA JUGA:

    Bukit Berbunga, Potensi Wisata di Tembilahan yang Mempesona

    Operasi Cocor Merah 5 Januari 1949, Kisah Kelam Pembantaian di Riau

    Serunya Bermain Pacu Sampan Leper di Inhil

    Sesampainya di Air Terjun 86, rasa lelah kamu sudah pasti hilang. Air terjun yang memiliki ketinggian 3086 meter ini dinamakan 86, karena terletak di kilometer 86 Jalan Raya Lintas Timur Sumatera.

    Air terjun yang masuk di wilayah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, yang merupakan air terjun alami yang berasal dari aliran sungai.

    Untuk mencapai air terjun 86, pengunjung harus menempuh jarak kurang lebih 20 kilometer dari Selensen. Dengan kondisi jalan berupa jalan tanah yang hanya dapat dilalui dengan sepeda motor atau kendaraan roda empat sejenis jeep.

    Menuju kelokasi air, pengunjung harus menuruni anak tangga yang cukup curam. Namun perjuangan tersebut akan terbalas ketika mulai memasuki kawasan. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alam yang masih asri.

    Belum lagi mata akan dimanjakan dengan bangunan rumah-rumah penduduk, yang berupa rumah adat Melayu yang juga dinamakan Pesanggarahan.

    Sesampai di lokasi, pengunjung akan bebas mandi dan berenang di kolam air yang terdapat di sana karena cukup dangkal dan jernih. Lokasi yang landai membuat kawasan tersebut cocok untuk kemping dan arena outbound.

    Lokasi Air Terjun 86 yang berada di taman nasional, membuat suasana sekitar air terjun ini kaya akan pesona flora dan fauna. Jika beruntung, kita akan dapat bertemu dengan burung Kuau (Argusianus argus argus) yang langka.

    Pesona burung berbulu lentik, apalagi saat menguakkan bulunya itu, tentu menjadi suatu sensasi suasana yang tak kan pernah kita rasakan dimanapun.