• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Dadih, Yogurt Tradisional yang Miliki Kemasan Unik, Yuk Cobain..

    Dadih khas Provinsi Riau (Dok. idntimes.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Yogurt merupakan produk olahan susu yang difermentasi oleh bakteri probiotik, yang baik untuk kesehatan.

    Kebanyakan, yogurt yang kita konsumsi biasanya terbuat dari susu sapi. Yogurt disukai banyak orang karena memiliki cita rasa yang segar, dengan sedikit rasa asam.

    Sudah tahu belum kalau di Indonesia sendiri juga punya olahan yogurt? Yogurt ini disebut dengan nama Dadih. Ini adalah salah satu kuliner khas Provinsi Riau, yang hingga kini masih bisa ditemui.

    BACA JUGA:

    Menyicipi Gurihnya Kue Bawang Melayu Khas Riau

    Sedapnya Nyeruput Kuah Sop Ikan dan Sop Cumi

    Nikmatnya Kelezatan Sop Tunjang Ditemani Sepiring Nasi Hangat

    Yang membedakan Dadih dengan produk yogurt kebanyakan adalah, susu yang digunakan sebagai bahan utamanya.

    Jika biasanya yogurt terbuat dari susu sapi yang difermentasi, maka Dadih terbuat dari susu kerbau yang sudah disaring, lalu dimasukan kedalam wadah dan ditutup rapat.

    Dadih memiliki keunikan tersendiri dibanding yogurt lainnya, jika kebanyakan yogurt dikemas dengan botol, Dadih dikemas dalam bambu. Terbayang kan, citarasa khas susu fermentasi menyatu dengan aroma bambu tradisional.

    Setelah susu kerbau selesai disaring, susu tersebut langsung dimasukkan kedalam bambu dan untuk bagian atas biasanya ditutup dengan daun pisang ataupun plastik dan diikat dengan karet.

    Setelah itu, Dadih dibiarkan dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari, kurang lebih selama 2 hari.

    Di dalam dadih, terkandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan, salah satunya terdapat protein yang cukup banyak. 

    Tak hanya itu, Dadih juga mengandung bakteri baik Lactobacillus casei yang bisa berperan untuk memperbaiki gangguan pencernaan. Dalam beberapa penelitian juga disebutkan bahwa Dadih juga bisa untuk menurunkan kadar kolesterol.