• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Kasang Kulim, Satu-satunya Kebun Binatang di Riau

    Kebun Binatang Kasang Kulim di Riau (Dok. antaranews.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Salah satu tempat yang bisa menjadi alternatif saat mengisi akhir pekan di Riau, adalah Kebun Binatang Kasang Kulim. Tahukah kamu, jika kebun binatang ini merupakan yang satu-satunya yang ada di Provinsi Riau.

    Kebun binatang tersebut terletak di Kampar, atau lebih tepatnya di Jalan H. Usman Nomor 1, Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu , Kabupaten Kampar Provinsi Riau, yang seluas sekitar 14 hektare dan memiliki cukup banyak koleksi satwa.

    Lokasi Kebun Binatang Kasang Kulim tersebut, tidak terlalu jauh dari pusat Kota Pekanbaru, kira-kira 30 menit menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

    Di samping bisa mengenal berbagi jenis satwa, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas lainnya, seperti adanya panggung hiburan yang disediakan oleh pengelola.

    Ada sekitar 40 jenis hewan yang ada di kebun binatang ini, yang dikategorikan dalam beberapa jenis, seperti mamalia, reptile, aves dan karnivora.

    Menurut pihak pengelola, sekitar 200 ekor satwa yang ada di Kebun Binatang Kasang Kulim. Beberapa satwa yang bisa pengunjung lihat.

    Yakni singa, kuda nil, beruang rusa, orang utan, bangau, kakak tua, gajah, macan dahan, buaya, elang, binturong atau musang besar, ular, kuda, kura-kura, landak, burung kaswari dan beberapa satwa lainya.

    Lembaga Konservasi

    Sebagai lembaga Konservasi, Kebun Binatang Kasang Kulim kerap menjadi tempat penitipan satwa-satwa hasil tangkapan yang dilakukan oleh pihak terkait. Misalnya Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau dan pihak kepolisian.

    Tidak jarang juga ada warga yang menyerahkan satwa ke Kebun Binatang Kasang Kulim ini, seperti satwa ular dan beberapa satwa lainya. Asal muasal nama Kebun Binatang Kasang Kulim, dulunya karena di lokasi banyak banyak Pohon Kulim.