• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Sungai Sirih Inhu, Lokasi Arung Jeram Hingga Spot Memancing Terbaik

    Sungai Sirih di Kabupaten Indragiri Hulu Riau (Dok. facebook.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Objek wisata yang tersembunyi di sudut-sudut wilayah Kabupaten Inhu kini mulai dimunculkan. Bagian dari Provinsi Riau ini, kini semakin menunjukkan pesonanya.

    Salah satu objek wisata yang manarik adalah Sungai Sirih, di Desa Usul, Kecamatan Batang Gansal , Kabupaten Indragiri Hulu Riau.

    Secara pengelolaannya, objek wisata ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Alam Tembulun Sungai Sirih.

    Meski sungai tersebut merupakan bentukan alam, namun masyarakat setempat mulai melakukan pengelolaan objek wisata Sungai Sirih semenjak Januari 2019 lalu.

    Areal Perkebunan Warga 

    Wisatawan yang berkunjung, selalu berpendapat jika objek wisata Sungai Sirih memiliki daya tarik yang khas, dibandingkan objek wisata sungai lainnya yang ada di Inhu.

    Salah satu yang menarik adalah, airnya yang jernih dan menyejukan. Faktanya, sungai ini adalah aliran mata air di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh , sehingga masih jernih.

    Arusnya yang deras dan daerah alirannya yang bertingkat dan berbatu-batu, membuat lokasi Sungai Sirih cocok dijadikan sebagai lokasi arung jeram.

    Bahkan pihak pengelola sempat menyediakan perahu karet, untuk bisa digunakan sebagai arung jeram.

    Namun perahu karet tersebut rusak, karena menghantam batu tajam di sungai. Sebagai pengganti perahu karet, pengelola menyiapkan tubing.

    Selain itu, kontur daratan di tepi Sungai Sirih dalam kondisi datar sehingga sangat pas, untuk duduk bersantai menikmati suasana alam.

    Bahkan suhu di objek wisata Sungai Sirih terasa sejuk. Kondisi ini dikarenakan di sepanjang tepi kiri dan kanan Sungai Sirih, ditumbuhi tanaman bambu.

    Dedaunan rimbun yang saling bertemu, mirip seperti atap yang melindungi aliran Sungai Sirih dari pancaran sinar matahari. Sehingga suhu di sekitar objek wisata Sungai Sirih terasa sejuk.

    Bagi wisatawan yang hobi memancing, Sungai Sirih bisa menjadi salah satu pilihan spot menarik. Di sungai tersebut terdapat beberapa jenis ikan sungai, di antaranya ikan kuyau, ikan seluang bahkan udang galah.

    Pengelola juga menyediakan tiga spot foto menarik, di sekitar objek wisata Sungai Sirih. Ada tiga spot foto yang kita sediakan dengan bentuk yang berbeda-beda, di antaranya bentuk hati atau love, bentuk bintang dan berbentuk perahu. Ke depan spot foto ini akan kita tambah," katanya.

    Walaupun baru dikelola, namun objek wisata Sungai Sirih kini sudah mampu menarik pengunjung wisatawan lokal.