• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Ribuan Pendaftar CPNS Batam Perebutkan 295 Kursi PNS

    Ilustrasi CPNS (IST)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Peminat penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Batam Kepulauan Riau (Kepri), sudah mulai dibuka sejak 30 Juni 2021 lalu.

    Ternyata peminatnya pun membludak, dari jumlah kuota yang disediakan. 

    Hingga hari Rabu (14/7/2021), jumlah pendaftar CPNS dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Kota Batam, sudah mencapai 3.380 orang. 

    Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Batam Hasnah menuturkan, jumlah pendaftar tersebut melebihi kuota yang diperoleh. 

    "Yang daftar sudah melebihi kuota yang disediakan. Artinya antusias untuk menjadi pegawai pemerintah sangat tinggi di Batam," ucapnya, Kamis (15/7/2021).

    Dari total pelamar, sebanyak 2.018 orang mendaftar untuk CPNS, PPPK non guru 95 pelamar, dan PPPK Guru sebanyak 1.267 pelamar.

    Tahun ini,  Batam mendapatkan kuota untuk CPNS sebanyak 295 formasi, dan PPPK 2.773 formasi.

    "CPNS paling banyak peminat dari total 295 formasi total yang daftar mencapai 2.018 pelamar. Sedangkan untuk PPPK guru juga begitu sangat banyak peminat dari formasi yang disediakan," ujarnya.

    Pendaftaran CPNS masih tetap dibuka,  hingga 21 Juli 2021. Menurutnya masih ada waktu bagi calon pelamar, untuk mendaftarkan diri satu pekan kedepan. 

    “Pelamar harus memahami persyaratan sebelum mendaftar supaya menghindari mal administrasi,” katanya.

    Ia mendetailkan, surat lamaran dan surat pernyataan, disesuaikan dengan format pada pengumuman.

    Untuk calon guru PPPK, mengikuti ketentuan Kemendikbud. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, lanjutnya, bisa menghubungi help desk.

    "Khusus untuk tenaga guru, tersedia help desk Kemendikbud. Harus mengisi formasi dan persyaratan mengacu pada aplikasi ss scan," ucapnya.