• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Kebaya Labuh, Wujud Keanggunan Perempuan Melayu

    Baju Kebaya Labuh khas Melayu Kepri (Dok. orami.co.id)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM -  Pakaian tradisional Kebaya Labuh adalah pakaian yang khusus dikenakan oleh kaum wanita di Kepulauan Riau (Kepri).

    Baju kebaya labuh yang juga disebut kebaya panjang atau belah labuh, memiliki panjang tiga jari di bawah lutut atau sampai betis.

    Bentuk busana kebaya ini tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit. Panjang lengan kebaya labuh berkisar dua jari dari pergelangan tangan, sehingga bisa memperlihatkan gelang yang dipakai.

    Sementara lebar lengannya berkisar tiga jari dari permukaan lengan tangan. Pada bagian muka baju dilengkapi empat sampai lima kancing.

    Sama halnya dengan baju kurung, baju kebaya labuh dikenakan bersama dengan selendang atau kain tudung.

    Panjang lengan Kebaya Labuh kira-kira dua jari dari pergelangan tangan. Sehingga gelang yang dipakai akan terlihat. Lalu, memakai Kebaya labuh juga disempurnakan dengan memakai kancing, yang disemat dengan pin atau keronsang sebagai hiasan.

    Untuk lebar lengan kira-kira tiga jari dari permukaan lengan. Di mana kedalaman baju bervariasi, ada yang sampai ke betis atau sedikit keatas.

    Baju agak longgar dan tidak boleh diraut (dikecilkan) di bagian yang dapat menunjukkan ukuran dan bentuk pinggang serta gaya pinggul.

    Kebaya Labuh sering dipadukan dengan kain batik, seperti kain cual. Untuk pernikahan, mempelai pria mengenakan penutup kepala yang disebut Tanjak.

    Pakaian Perempuan Melayu

    Pada masa lalu, baju Kebaya Labuh di Lingga digunakan juga sebagai pakaian harian perempuan Melayu. Baju Kebaya dipakai dengan kain batik, yang diikat dengan cara lipatan sebelah kanan menutup sebelah kiri.

    Dulu sebagian perempuan yang ingin menutup aurat secara sempurna menggunakan tudung lingkup. Tudung lingkup sehelai kain sarung untuk menutup kepala dan dada.

    Sekarang baju kebaya labuh dipakai kaum perempuan pada acara tertentu, seperti majelis adat istiadat atau hari raya. Bagi perempuan, Kebaya Labuh biasanya dipadukan dengan batik dan juga kerudung.