• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Megahnya Masjid Istiqomah, Ikonnya Kabupaten Bengkalis

    Masjid Istiqomah di Bengkalis Riau (Dok. andalastourism.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM – Di Kabupaten Bengkalis Riau, ada masjid indah yang menjadi kebanggaan masyarakat Bengkalis, yakni Masjid lstiqomah. Masjid Istiqomah merupakan rumah ibadah megah, yang menjadi ikon Kabupaten Bengkalis.

    Pembangunan masjid ini merupakan sebuah terobosan, mengingat tingginya tingkat kesulitan untuk membangun sebuah masjid megah dengan tiang-tiang menara tinggi di atas tanah Bengkalis yang gembur atau tanah gambut.

    Masjid lstiqomah merupakan perpaduan gaya arsitektur Turki, Arab, dan budaya lokal Melayu. Tiang-tiang menara masjid dengan garis tengah yang tidak terlalu besar.

    Yang terletak menyatu dengan bangunan utama di keempat sudutnya. Sekilas tampak seperti menara Masjid Biru di Istanbul, Turki.

    Kombinasi warna putih yang dominan pada tubuh bangunan dan biru pada kubah, baik kubah utama maupun kubah-kubah kecil yang menjadi aksen hias bangunan, membuat masjid terkesan bersahaja namun sangat indah.

    Pola pewarnaan dengan bentuk aksen pada kubah ini, banyak ditemui di masjid-masjid di Riau yang kental dengan nuansa Melayu.

    Elemen hias di dalam masjid dipengaruhi oleh gaya Arab dan Melayu. Perpaduan ini dapat dilihat dari banyaknya kaligrafi dengan motif dan warna-warna cerah yang merupakan ciri khas ornamen Melayu.

    Jelang senja, suasana sekitar masjid terasa begitu hidup dengan aktivitas masyarakat Pulau Bengkalis. Mereka tampak berlalu-lalang di pertigaan jalan depan gerbang masjid atau duduk-duduk di teras, menunggu waktu shalat Maghrib tiba.

    Lingkungan sekitar masjid dipenuhi oleh toko yang bagian atasnya dijadikan tempat penangkaran walet. Cicit riuh burung-burung walet ini semakin menyemarakkan suasana di Masjid lstiqomah. Beribadah di masjid ini bisa sekaligus merefleksi diri ya..