• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Sensasi Memancing dan Naik Gajah di Desa Buluh Cina Riau

    Dok. brosispku.com

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Di Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar di Riau, ada lokasi wisata yang bisa sangat cocok bagi pecinta aktivitas memancing, yakni Desa Wisata Buluh Cina.

    Jika ingin ke sini, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari kota Pekanbaru. Akses lokasi bisa dilalui dengan melewati Jalan Kaharuddin Nasution. Lalu, menuju Simpang Tiga Pandau, dan masuk ke Jalan Pasir Putih.

    Desa Buluh Cina terdiri dari dua bagian, keduanya dibelah oleh aliran sungai Kampar. Untuk menghubungkan kedua belahan desa ini, ada kapal roro mini bernama Tilan.

    Menyeberang dengan Tilan, setiap orang hanya akan dipungut biaya Rp 3.000 saja, untuk sekali perjalanan. Namun jika membawa sepeda motor, dikenakan Rp 3.000.

    Buluh Cina memiliki hutan alam yang asri. Menariknya, kita bisa camping disini. Jika tidak membawa peralatan camping, di sini ada rumah panggung berkapasitas 30 orang, yang bisa dijadikan sebagai tempat penginapan.

    Di kawasan hutan, terdapat tujuh danau yang sangat mempesona. Masing-masing danau memiliki keunikan tersendiri dan letaknya pun berdampingan.

    Antara lain Danau Tanjung Putus berdampingan dengan Danau Baru, Danau Pinang Luar dengan Pinang Dalam, Danau Tuok Tonga dengan Danau Tanjung Balam dan Danau Rengas.

    Di Danau Tanjung Putus, kamu dapat menikmati keindahan pesona alam dengan menggunakan sampan. Sampan ini sengaja disediakan untuk pengunjung.

    Gajah Sumatra

    Enaknya lagi, pemancing di sini tidak akan dikenakan biaya dan tidak perlu repot-repot untuk membawa perlengkapan, karena di Desa Buluh Cina juga menyediakan penyewaan alat pancing.

    Sensasi memancing ikan dengan menaiki pompong juga bisa kamu rasakan. Buluh Cina menyewakan pompong bagi pengunjung, yang ingin memancing ataupun bersantai. Panjang pompong sekitar 12 meter dan lebar 3 meter.

    Nah, untuk pengunjung yang tidak ingin memancing dan hanya ingin bersantai, disediakan kasur untuk tempat beristirahatnya. Pompong mampu dinaiki 10 sampai dengan 15 orang.

    Ternyata, tidak hanya pompong yang ada di sini, ada pula perahu wisata yang bisa digunakan untuk wisatawan yang tertarik mengitari Sungai Kampar. Muatan perahu dapat menampung 60 orang wisatawan. Seru!

    Ada dua gajah Sumatera hasil binaan Taman Wisata Alam (TWA) yang ditempatkan sebagai penarik minat wisatawan untuk datang ke Buluh Cina. Tentunya akan menjadi banyak masyarakat Riau yang berkesempatan naik gajah.

    Di sini, ada paket-paket wisata yang bisa di pilih. Di antaranya wisata air, cerita desa hutan dan danau, hiking rimba valasta, wisata gajah, sampan wisata, dan paket-paket lainnya. Selain bertujuannya untuk wisata, disini juga bisa foto prewedding ya!